Espresso

Jika kita berkunjung ke kedai-kedai kopi atau coffee shop, banyak jenis minuman kopi yang ditawarkan, tidak ada salahnya jika kita mengetahuinya. Sebenarnya bahan dasarnya sama, dari biji kopi namun proses pembuatan dan penyajiannya berbeda.

Ada Espresso dan ada Nonespresso yang disebut kopi Manual Brew. Jenis-jenis kopi berbasis Espresso yaitu:

Espresso

Namanya berasal dari bahasa Italia berarti express atau cepat.

Espresso adalah bubuk kopi yang diseduh dengan menyemburkan air panas bertekanan tinggi. Disajikan dalam secangkir kecil 30-45 ml dengan ciri khas crema pada permukaannya, disebut dengan one shot atau single shot.

Ristretto, minuman yang sama dengan Espresso, takaran kopinya sama tetapi airnya lebih sedikit, dalam satu cangkir sekitar 15-20 ml.

Lungo, sama dengan Espresso namun menambah dosis air, hal ini membuat proses ekstraksinya lebih lama. Secangkir Lungo disajikan sekitar 130-170 ml.

Doppio, dua kali takaran Espresso, disajikan 60 ml, seringkali disebut double shot.

Americano, disajikannya dengan menambah air panas di atas Espressonya.

Long Black, kebalikan dari Americano, disajikannya dengan menambahkan Espresso di atas air panas.

Kehadiran Espresso merupakan awal munculnya varian minuman cafe modern, rasanya yang pahit dimodifikasi dengan mencampur susu steamed, hasilnya menjadi: Latte, Cappucino, Macchiato, Mocchacino, Affogato, Con Panna, dan Black Eye.

Latte, adalah Espresso yang dicampur dengan susu yang di-steam atau dipanaskan dengan uap, akan menjadi semakin kental dan membentuk buih, foam atau froth.

Susu yang kental sering dijadikan kreasi menjadi latte art oleh barista.

Cappucino, hampir sama dengan Latte, bedanya komposisi susu lebih sedikit dan buih susu lebih tebal, yaitu sepertiga Espresso, sepertiga susu steamed, dan sepertiga buih susu.

Macchiato, dalam bahasa Italia berarti tanda atau bercak.

Bercak yang dimaksud adalah buih susu yang menimpa espresso atau sebaliknya.

Ada dua tipe yaitu Latte Macchiato jika lebih banyak susu daripada Espresso-nya serta disajikan dingin dan Caffe Macchiato, susunya lebih sedikit, disajikan panas di cangkir kecil . 

Mochaccino, merupakan perpaduan Espresso, susu steamed, dan cokelat. 

Affogato, adalah sajian Espresso dengan satu atau dua sendok es krim khas Italia yaitu Gelato. Dalam bahasa Italia, penamaan Affogato dengan maksud tenggelamnya gelato dalam segelas Espresso. 

Con Panna, merupakan Espresso yang ditambah whipped cream di atasnya. 

Black Eye, merupakan espresso yang ditambah kopi hitam.

Sumber : https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/jenis-jenis-minuman-kopi/