Saung Angklung Udjo

Jika kamu ingin berlibur ke tempat wisata di Bandung yang unik, mendidik sekaligus menghibur, coba datang ke Saung Angklung Udjo yang terletak di Jalan Padasuka 118, Bandung.

Saung Angklung Udjo yang didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena (alm) dan istrinya yang bernama Uum Sumiati, merupakan sanggar seni sebagai tempat pertunjukkan seni, laboratorium pendidikan juga sebagai obyek wisata budaya khas daerah Jawa Barat.

Banyak pertunjukkan Bambu Saung Angklung Udjo yang dapat kita saksikan:

1. Demontrasi Wayang Golek

Wayang Golek yang sangat populer di wilayah Jawa Barat ini merupakan salah satu jenis kesenian wayang yang terbuat dari kayu dan merupakan hasil perkembangan dari wayang kulit. Dalam setiap pementasannya, wayang selalu membawa pesan moral, agar kita selalu patuh pada Sang Pencipta dan selalu berbuat baik kepada sesama.

2. Helaran

Pada upacara tradisional khitanan ataupun upacara panen padi, Helaran ini sering dimainkan untuk mengiringi upacara tradisional tersebut.

Angklung dengan nada asli sunda yang sering kali digunakan pada Helaran ini, yaitu menggunakan nada Salendro/Pentatonis yang terdiri atas Da Mi Na Ti La Da

3. Tari Tradisional

Yang di sajikan disini adalah cuplikan dari pola tarian klasik Topeng Kandaga, yaitu rangkaian tari topeng gaya Parahyangan yang menceritakan Ratu Kencana Wungu yang dikejar-kejar oleh Prabu Menakjingga yang sangat tergila-gila padanya.

4. Angklung Mini

Di Saung Angklung Udjo ini, kita akan diajak untuk menyanyi bersama-sama lagu anak-anak yang cukup populer di banyak negara termasuk Indonesia dengan diiringi angklung-angklung berukuran minimalis

5. Arumba

Arumba yang merupakan singkatan dari Alunan Rumpun Bambu, diciptakan pada tahun 1970. Arumba merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu bertangga nada diatonis.

6. Angklung Massal Nusantara

Angklung Massal Nusantara ini ditampilkan oleh murid-murid Saung Udjo senior dan junior, selain itu juga disajikan beberapa buah lagu, pakaian adat serta tarian yang berasal dari berbagai daerah

7. Bermain Angklung Bersama

Pada sesi ini, penonton diajak untuk memainkan angklung secara interaktif dan bersama-sama. Dengan terlebih dahulu dipandu.

8. Angklung Orkestra

Saat ini angklung sering dimainkan sebagai sebuah orkestra yang dikombinasikan dengan permainan alat musik seperti gitar, perkusi, dll. Di sini akan ditampilkan teknik permainan angklung yang baru, yaitu permainan lagu-lagu yang baik hanya oleh sedfikit orang

9. Menari Bersama

Pada akhir acara, penonton akan diajak untuk bergembira dengan menari bersama.

Sumber : https://id.wikipedia.org;  Sinopsis pertunjukan bambu saung angklung udjo

Foto dok pribadi