Oleh-oleh Khas dari “Negeri Laskar Pelangi”

Jika pernah membaca novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata, pasti tidak asing lagi dengan Pulau Belitung yang terletak di sisi timur pulau Sumatera dan masih satu kepulauan dengan Pulau Bangka. Sebuah Provinsi yang relatif masih baru dan dikenal dengan pasir putih yang berbatu granit raksasa.

Selain mempunyai tempat wisata yang sangat indah, di Pulau Belitung ini juga banyak terdapat sajian kuliner yang sangat lezat.

Di bawah ini ada beberapa makanan yang mungkin bisa dijadikan oleh-oleh kala berkunjung ke Pulau Belitung :

1.Kepiting Isi

Bagi pecinta kuliner berbahan sea food, belum lengkap rasanya bila belum mencobanya. Kepiting yang berisi daging rajungan bercampur bumbu rempah Indonesia, selain dagingnya terasa manis dan empuk juga terasa gurih. Hidangan ini hanya bisa dipesan atau dibeli di beberapa kedai saja, salah satunya di Jalan Sriwijaya, Tanjung Pandan, Belitung.

2. Sambal Lingkong

Orang Jakarta menyebutnya abon ikan, karena bentuknya lebih mirip dengan abon. Sambal Lingkong ini mempunyai tekstur yang kasar dan berserut halus panjang, dibuat dari abon ikan tenggiri. Menggunakan banyak rempah Indonesia sebagai tambahan bahannya.

Sumber : https://visitbangkabelitung.com;  https://bp-guide.id;  http://www.belitunginfo.com/; https://id.wikipedia.org