Catur

Catur adalah permainan yang menggunakan pikiran dengan strategi, dimainkan dua orang, satu lawan satu atau satu lawan banyak (dalam informal) dan pemainnya disebut pecatur.

Catur bisa disebut olah raga karena catur melatih otak bekerja, membuat otot-otot otak menjadi sehat. Dengan demikian pikiran menjadi jernih, peredaran darah lancar sehingga otak dan tubuh pun menjadi sehat.

BACA JUGA : GOLF

 

Namun catur tidak termasuk ke dalam salah satu olah raga yang diakui dalam Olimpiade empat tahunan karena catur lebih mengedepankan strategi daripada olah fisik.

Catur dipertandingkan hingga tingkat dunia. Olimpiade Catur adalah pertandingan yang di organisir oleh Federation Internationale des Echess (FIDE) yaitu Federasi Catur Dunia, yang sejak tahun 1927 diselenggarakan pada tahun-tahun genap.

Kini FIDE adalah anggota dari Komite Olimpiade Internasional dan mengikuti aturan-aturannya. Kemungkinan kelak catur dapat menjadi salah satu mata pertandingan olimpiade, meskipun banyak pengamat yang mengerti mengatakan hal itu tidak mungkin.

Sven Magnus Øen Carlsen Sumber : WIkipedia

Grandmaster (GM) adalah gelar tertinggi yang diberikan FIDE yang dapat dicapai oleh seorang pecatur, selain gelar juara dunia, ini adalah gelar seumur hidup.

Banyak usia muda menjadi pecatur profesional, salah satunya Sven Magnus Øen Carlsen dari Norwegia, pada tahun 2004 di usia 13 tahun 4 bulan menjadi Grandmaster.

Pada November 2013 Carlsen menjadi juara dunia mengalahkan Viswanathan Anand dari India dan dapat mempertahankan gelarnya pada November 2014 mengalahkan Viswanathan Anand.

 

Kesempatan terbuka luas khususnya dari usia muda yang ingin menekuni permainan dan olah raga catur dengan menimba ilmu pada para grandmaster Indonesia diantaranya Utut Adianto.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Magnus_Carlsen_(2012).jpg, https://id.wikipedia.org/wiki/Grandmaster_(catur)

https://id.wikipedia.org/wiki/FIDE, https://gamescatur.blogspot.com/2016/04/apa-saja-nama-nama-buah-catur.html

Yuli Hapsari