Empat Pedagang yang Mulai Jarang dijumpai di Jakarta

Dulu, hampir setiap hari banyak tukang jualan yang lewat di depan rumah untuk menawarkan aneka jualan atau jasa mereka, tetapi sekarang keberadaan mereka sulit untuk kita jumpai. Entah karena barang yang mereka tawarkan sudah jarang kita pakai atau bisa juga karena para penjual itu sudah beralih ke profesi lain.

Di bawah ini ada beberapa profesi yang nyaris tidak terdengar lagi saat ini:

1. Pedagang Minyak Keliling

 

Sekarang, hampir sebagian besar perumahan menggunakan kompor gas elpiji, sehingga kebutuhan akan minyak tanah pun berkurang cukup tajam. Keunggulan menggunakan elpiji dibandingkan dengan menggunakan minyak tanah, selain lebih cepat proses memasak, juga tingkat kebersihan yang dihasilkan oleh gas elpiji lebih baik karena tidak menghasilkan asap hitam seperti minyak tanah.

2. Pedagang Jasa Solder Panci

IG : rickymono

Dengan membawa peralatan sederhana seperti obeng, gunting, aluminium, tang, dan juga alat bakar, para penyedia jasa solder panci berkeliling perumahan untuk menambal panci yang berlubang.Tetapi saat ini orang lebih memilih membeli panci baru yang harganya sangat murah.

3. Pedagang Rujak bebeg

Salah satu rujak yang enak adalah rujak bebeg walau tampilannya terlihat kurang menarik. Istilah rujak bebeg ini merujuk pada proses pembuatan rujak yaitu dengan cara di-bebeg atau ditumbuk hingga agak halus. Biasanya mereka berjualan menggunakan gerobak ataupun dipikul dan dapat kita jumpai di pinggir jalan.

4. Pedagang Kasur Keliling

img : Kaskus

Sekarang setiap orang lebih memilih memakai spring bed, dibandingkan dengan kasur kapuk. Salah satu hal yang membuat orang mulai beralih menggunakan spring bed adalah adanya pegas atau spiral yang membuat kasur ini lebih memberikan kenyamanan. Sedangkan kasur kapuk, harus sering kita jemur dan juga harus diganti kapuknya agar tetap terasa empuk. Jika tidak diganti, kasur akan terasa keras dan meyebabkan punggung kita sakit.

Ella Irawan