Misteri di Balik Lagu “Nina Bobo”

Lagu pengantar tidur “Nina Bobo” sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Syairnya yang sangat sederhana menjadikan lagu ini mudah diingat oleh setiap orang. Bahkan pernah dibuat menjadi sebuah film horor pada tahun 2014 dengan judul “Oo Nina Bobo” yang disutradarai oleh Jose Purnomo. 

Konon ada kisah tak mengenakan di belakang kesuksesan lagu “Nina Bobo” ini, dengan beberapa versi.

  1. Lagu Nina Bobo pertama kali diciptakan oleh Mustika, seorang wanita Jawa yang menikah dengan pria Belanda bernama Van Rodjnik. Mereka mempunyai seorang anak yang bernama Helenina Mustika Van Rodjnik.
source : wikipedia

Nina yang lahir pada tahun 1871, seringkali tidak dapat tidur di malam hari, hal itu menyebabkan ibunya selalu bersenandung hingga Nina tertidur.

Sang ayah mengusulkan kepada istrinya untuk membuat sebuah lirik lagu agar lebih menarik, hingga terciptalah lagu “Nina Bobo” itu.

Ketika Nina berusia 6 tahun, ia meninggal karena sakit parah, namun Mustika tetap menyanyikan lagu itu setiap malam, karena ia mendengar Nina menangis karena tidak bisa tidur.

Begitupun ketika Mustika meninggal, Kapten Van Rodjnik pun menggantikannya menyanyikan lagu itu setiap malam atas permintaan Nina sendiri yang datang di dalam mimpinya.

  1. Nina Van Mijk adalah anak dari keluarga musisi klasik Belanda, ia gadis yang cantik. Suatu malam tiba-tiba perilaku dan wajahnya berubah, matanya menghitam, rambutnya berantakan dan ia melipat-lipat tubuhnya di atas tempat tidur dalam posisi kayang sambil menjerit-jerit menggunakan bahasa Belanda.
source : wikipedia

Karena hal itu, maka ia pun dipasung didalam kamarnya, sehingga semakin lama kondisinya semakin memburuk. Karena merasa takut, Ayah dan pembantu di rumah itu pun meningalkannya Nina dan ibunya berdua di rumah.

Suatu malam ibunya mendapatkan Nina dalam keadaan lesu dan ketakutan lalu pasungannya mulai dilepaskan.

Nina pun meminta ibunya untuk menyanyikan sebuah lagu yang lembut agar ia bisa tertidur. Lalu sang Ibu menyanyikan lagu “Nina Bobo” hingga Nina tertidur dan tidak bangun lagi.

  1. “Nina Bobo” adalah sebuah lagu pengantar tidur dari Indonesia yang dikenal hingga ke Negeri Belanda dan dipopulerkan oleh Anneke Grönloh dan Wieteke van Dort.
source : wikipedia Kiri : Wieteke van Dort ; Kanan : Anneke Grönloh

Menurut versi ketiga ini, kata “Nina” bukanlah merupakan nama seorang gadis, tetapi berasal dari bahasa Portugis, “Menina”

Sumber: id.wikipedia.org; www.japanindocuteculture.com

Ella Irawan