Apa Aja Sih Souvenir Khas Dari Kota Pahlawan?

 

Surabaya selain menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur juga merupakan kota metropolitan kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta.

https://id.wikipedia.org

Sebagai kota metropolitan dan juga sarat dengan sejarah, Surabaya mempunyai berbagai keanekaragaman yang kaya akan jenis kerajinan tangan, yang dibuat oleh para pengrajinnya sendiri.

Souvenir khas Surabaya ini tidak kalah cantiknya dibandingkan dengan souvenir daerah lainnya, bahkan souvenir-souvenir ini banyak dicari untuk dijadikan oleh-oleh.

 

Di bawah ini ada beberapa macam souvenir khas Surabaya :              

1. Miniatur Patung Buaya

https://www.jejakpiknik.com

Surabaya memiliki ikon yang menjadi landmark dari Kota Pahlawan, di antaranya yaitu Buaya (baya). Patung buaya putih ini bisa dijadikan sebagai souvenir dalam bentuk miniatur yang menarik.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Wisata Alam di Orchid Flores

Para pengrajin di Surabaya banyak yang membuatnya mulai dari bahan perak, kayu, atau logam.

2. Gelas Tempurung

https://www.jejakpiknik.com

Di Surabaya, limbah batok kelapa dimanfaatkan menjadi souvenir cantik berupa gelas tempurung. Caranya, batok kelapa yang sudah dihaluskan lalu diberi pernis ataupun cat sehingga tampilannya akan menjadi lebih menarik

3. Kaos Cak Cuk

Foto : http://avneytravelesia.blogspot.com

Jika Bali memiliki khas dengan Joger, maka Surabaya pun tidak mau kalah memiliki kaos khas yang bernama kaos Cak Cuk. Dengan desain yang unik dan kata-kata yang terkesan “konyol”, menjadikan kaos ini banyak dilirik terutama oleh anak-anak muda

4. Kerajinan dari Eceng Gondok

Ig surabayasquarem

Eceng gondok merupakan jenis tumbuhan air yang mengapung. Bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai, tanaman ini kerap dianggap sebagai tanaman parasit yang mengotori sungai dan mengganggu aktivitas mereka. Tapi ternyata tanaman ini bisa dijadikan peluang usaha untuk membuat kerajinan tangan, seperti tas, sandal, dan sebagainya.

Sumber : https://www.jejakpiknik.com;  http://avneytravelesia.blogspot.com

Ella Irawan
Ella I