Siapa sih Bapak Dongeng Dunia ?

 

Siapa yang tidak mengenal Hans Christian Andersen?  Seorang penulis drama, perjalanan, novel, puisi, juga seorang penyair, tetapi yang paling dikenal dari H.C. Andersen ini adalah dongeng. Dongeng yang ia tulis sudah diterjemahkan dalam 125 bahasa.

Hans Christian Andersen – https://id.wikipedia.org

Pria yang lahir di kawasan kumuh OdenseDenmark, pada Selasa, 2 April 1805, merupakan anak tunggal dari pasangan Hans Andersen dan Anne Marie Andersdatter.

Ayah dari H.C. Andersen adalah seorang pembuat sepatu yang merasa dirinya keturunan bangsawan, tetapi penyelidikan membuktikan cerita ini tidak berdasar. Sedangkan Ibunya bekerja sebagai buruh cuci.

 

Pertama kali diperkenalkan pada sastra oleh ayahnya yang memang seorang pecinta sastra dan sering mengajak H.C. Andersen menonton pertunjukkan sandiwara. Hal itu yang menjadi awal ketertarikannya kepada dunia mainan, cerita, dan sandiwara, termasuk juga karya dari William Shakespeare.

Tahun 1819 merupakan masa-masa sulitnya, dimulai ketika ia memutuskan untuk pindah ke Ibu Kota Denmark, Kopenhagen, dan berhasil bergabung dengan Royal Theater. Ia berharap dapat menjadi seorang aktor, penyanyi atau penari. Tetapi ketika memasuki usia puber suaranya mulai berubah, dengan terpaksa ia meninggalkan peran sebagai aktor, juga penyanyi yang telah dijalaninya.

Baca Juga: Misteri di Balik Lagu “Nina Bobo”

Ia merasa lebih tepat menjadi seorang penyair, lalu mencoba menulis naskah sandwara tetapi karyanya tersebut ditolak di mana-mana.

Beruntung di masa sulit itu ia bertemu dengan Raja Denmark, Frederik VI, yang tertarik dengan penampilan H.C. Andersen. Raja Frederick kemudian mengirimkannya untuk bersekolah. Dan pada tahun 1822, ia sempat menerbitkan jilid pertama hasil karyanya, berjudul The Gost at Palnatoke’s Grave.

Di akhir hidupnya, saat itu musim semi tahun 1872, H.C. Andersen digerogoti beberapa penyakit. Dan selama tiga tahun ia hanya dapat terbaring tak berdaya. Lalu pada tanggal 4 Agustus 1874, di Rolighed dekat Kopenhagen, pengarang legendaris ini meninggal dunia.

Semasa hidupnya H.C. Andersen tidak pernah sekali pun menikah, setelah mengalami patah hati yang begitu mendalam, karena cintanya kepada penyanyi opera berdarah Swedia, Jenny Lind bertepuk sebelah tangan.

Banyak sudah dongeng yang ia hasilkan, yang paling dikenal dari dongeng-dongengnya adalah:

1. The Little Match Girl (Gadis Penjual Korek Api)

https://www.nrm.org

2. The Ugly Duckling (Itik Buruk Rupa)

https://fineartamerica.com

3. Thumbelina

https://www.Pinterest.com

4. The Little Mermaid

https://id.wikipedia.org

Sumber : http://www.asal-usul.com/;  https://id.wikipedia.org

Ella Irawan
Ella I