Siapa BW – Bambang Widjojanto Ketua Tim Kuasa Hukum BPN ?

 

source : wikipedia

Dr. H. Bambang Widjojanto, S.H., M.Sc, pria kelahiran Jakarta 18 Oktober 1959, adalah seorang advokat pembenci koruptor, karena baginya korupsi merupakan kejahatan terbesar terhadap rakyat dan kemanusiaan. Hal inilah yang mendasari pria sederhana yang dikenal tegas dan teguh dengan pendiriannya mendirikan Indonesian Corruption Watch (ICW).

Selain itu juga pernah aktif sebagai panitia seleksi calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi (Surat Keputusan Mahkamah Agung Nomor 154/2009), anggota Koalisi untuk Pembentukan UU Mahkamah Konstitusi (MK), anggota Gerakan Anti Korupsi (Garansi), anggota Tim Gugatan Judicial Review untuk kasus Release and Discharge, anggota Tim Pembentukan Regulasi Panitia Pengawas Pemilu, Pendiri Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN), Pendiri Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (Kontras) bersama almarhum Munir.

Dan saat ini terpiih sebagi ketua dalam tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

 

Sempat mengambil kuliah Sastra Belanda di Universitas Indonesia (UI), namun akhirnya ia memutuskan untuk lebih memilih konsentrasi di bidang Hukum. Setelah mendapatkan gelar Sarjana Hukum tahun 1984 dari Universitas Jayabaya, ia pun langsung aktif di dunia advokasi. Bertugas di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) untuk menangani dan membantu masyarakat tertindas yang ada di Papua.

Kariernya mulai meroket ketika dipilih menjadi ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) menggantikan aktivis dan pengacara senior Adnan Buyung Nasution (1995-2000).

Selain pernah mengajar di Fakultas Hukum Universitas Trisakti, juga menempuh berbagai pendidikan formal maupun non formal terkait hak azasi manusia, di Amerika Serikat dan Belanda. Ketekunannya di bidang hak azazi manusia menyebabkannya meraih penghargaan Kennedy Human Rights Award pada tahun 1993.

Bambang Widjojanto juga menempuh program postgraduate di School of Oriental and Africand Studies, London University, lalu pada tahun 2009 mendapatkan gelar Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

BACA JUGA : Pejuang Wanita dari Maluku, Martha Christina Tiahahu

Sumber: id.wikipedia.org; news.okezone.com; viva.co.id ; tokoh.id

Ella Irawan