Katanya Candi Gunung Wukir Bisa Jadiin Pacar Kamu Jadi Jodoh, Mitos?

 

Di atas Bukit Wukir terdapat reruntuhan candi dari masa kerajaan Mataram kuno, lokasinya di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Karena letaknya di ketinggian, masyarakat sekitar menyebutnya Candi Gunung Wukir. Dari Desa Kadiluwih menuju lokasi candi, sekitar 300 meter, ditempuh dengan berjalan kaki .

Sumber foto: Gunawan Kartapranata

Di area candi ini pada tahun 1879 ditemukan prasasti Canggal bertarikh 732 M, bertuliskan huruf Pallawa, dan Bahasa Sansekerta.

 

Prasasti memberikan informasi berkaitan dengan Kerajaan Medang di masa Mataram Hindu. Nama candi adalah Shiwalingga atau Kunjarakunja, jika dihubungkan dengan angka tahun pada prasasti, candi tersebut merupakan candi tertua di kawasan pulau Jawa.

Sumber: ig @bunpiau86

Kompleks reruntuhan Candi Gunung Wukir, luasnya sekitar 50 m x 50 m, terdapat satu candi induk dan tiga candi perwara. Di area tersebut ditemukan prasasti Canggal, yang saat ini prasasti tersebut telah disimpan di Museum Nasional di Jakarta. Selain itu ditemukan pula yoni, lingga, dan arca lembu betina atau Nandi. Namun Lingga sudah tidak ada lagi.

Prasasti Canggal tentang Raja Sanjaya yang gagah berani, menaklukkan musuhnya, kemudian membangun sebuah lingga di atas bukit Wukir sebagai tanda kemenangan. Raja Sanjaya dikenal sebagai Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya dari Dinasti Sailendra dengan kerajaannya Mataram (Hindu).

Mitos di masyarakat mengatakan jika datang ke Gunung Wukir bersama pacar, pasti akan berjodoh, Percaya atau tidak terserah anda.

BACA JUGA : Candi Sukuh

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Gunung_Wukir_Canggal_Perwara_Temple.jpg , https://www.tuguwisata.com/candi-gunung-wukir/

Yuli Hapsari