Mengenal Lebih Jauh Suku Lingon

 

Setiap suku yang tersebar di Indonesia, mempunyai keunikan tersendiri yang berbeda dibandingkan dengan suku-suku lainnya. Salah satu suku yang mempunyai ciri khas khusus terdapat di pedalaman Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara, suku Lingon namanya.

Penduduk suku Lingon ini mempunyai beberapa ciri khas:                      

1. Memiliki Bola Mata Berwarna Biru

 

sumber : ig e@thnicvibes.id

Warna mata mereka yang biru merupakan warna mata khas ras Kaukasoid yang merupakan mata orang Eropa. Oleh karena itu suku Lingon sering disebut dengan “Bulenya orang Indonesia”.

2. Berkulit Putih

sumber : Ig @Kahaoteote

Warna kulitnya pastinya berbeda dengan kulit kebanyakan orang Indonesia yang berwarna coklat. Tentu saja menjadikan daya tarik lebih bagi suku Lingon ini.

 

3. Berambut Pirang

Ciri khas lainnya adalah mempunyai warna rambut yang pirang, seperti kuning atau coklat, menjadikan mereka menjadi sangat mirip sekali dengan orang Eropa.

Asal mulanya dari mana suku Lingon berasal adalah diawali dengan karamnya sebuah kapal asal Eropa di sekitar Halmahera, kemudian untuk mempertahankan hidupnya mereka pun memasuki kawasan hutan, dan akhirnya menetap di situ karena susahnya akses. Dan pada akhirnya mereka membentuk koloni sendiri. Lama kelamaan karena terlalu lama tinggal di hutan, mereka pun pada akhirnya menjadi primitif dan mulai melupakan asal usulnya dan mulai menutup diri dari dunia luar.

Dikarenakan mereka memiliki kelebihan yang tidak dimiliki suku lain, maka beberapa suku lainnya tertarik bahkan wanita suku Lingon ini ada pula yang sampai diculik oleh suku Togutil yang tinggal di pesisir pantai untuk dijadikan istri.

Saat ini masyarakat sekitar jarang sekali melihat keberadaan suku Lingon tersebut. Menurut kabar yang didapat, suku Lingon ini sudah punah tetapi ada juga yang mengatakan jika mereka menjauh agar kehidupan mereka tidak diusik. Bahkan ada yang mengatakan kalau suku Lingon sudah melebur dengan masyarakat lainnya.

BACA JUGA : Pejuang Wanita dari Maluku, Martha Christina Tiahahu

Sumber : www.romadecade.org;  id.wikipedia.org

Ella Irawan