Penemu Radio dari Italia, Marconi

 

Kebosanan dalam kemacetan lalu lintas bisa terobati dengan mendengarkan berita atau lagu-lagu dari radio.

Jika menyebut radio tidak terlepas dari nama Guglielmo Marconi, yang pada 2 Juni 1896, berhasil mengirimkan berita tanpa kawat, menyeberang selat Inggris.

Guglielmo Marconi, (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Guglielmo_Marconi)

Percobaan-percobaan terus dilakukan, pada tahun 1901, Marconi berhasil mengirim berita radio melintasi samudra Atlantik dari Inggris ke Newfoundland, di Benua Amerika.

 

Ada hal dramatis di tahun 1909, ketika kapal S.S. Republic tenggelam akibat tabrakan, namun berdasarkan berita radio, sebagian besar penumpang dapat diselamatkan. Tahun 1909 Guglielmo Marconi meraih Nobel untuk penemuannya.

Siapakah Guglielmo Marconi?

Lahir di Bologna, Italia, 25 April 1874, dari keluarga mampu, ayahnya bernama Giuseppe Marconi seorang Itali dan ibunya Annie Jameson berdarah Irlandia. Marconi memiliki minat pada sains dan kelistrikan, ia melanjutkan kuliah di Institut Teknik Livorno dan Universitas Bologna pada tahun 1894.

Marconi membaca penelitian Heinrich Rudolf Hertz dan Oliver Lodge yang menemukan gelombang tak kasat mata yang dihasilkan oleh interaksi elektromagnetik; ia sangat tertarik dan mengaguminya. Kemudian mulai mengembangkan sistem awal telegraf tanpa kabel, hasilnya ia mampu membuat peralatan penghasil gelombang yang dapat mengirimkan sinyal ke lokasi yang berjarak 1 mil.

Walaupun baru pada tahap awal, Marconi meyakini penemuan tersebut dapat bermanfaat sehingga penelitiannya masih perlu dilanjutkan. Ia mencari orang yang mau berinvestasi, namun di Italia tidak ada yang tertarik. Tanpa berputus asa tahun 1896 ia pindah ke London membawa hasil penelitiannya. Ternyata di London mendapat respon, salah satunya dari kantor Pos Inggris.

Setahun berselang penelitiannya mengalami kemajuan, alatnya mampu memancarkan sinyal hingga sejauh 12 mil (lebih dari 19 km) dan penemuan tersebut didaftarkan hak patennya. Pada tahun 1897, Marconi mendirikan perusahaan The Wireless Telegraph & Signal Company. Tahun 1900 menjadi Marconi’s Wireless Telegraph Company, namun dikemudian hari masih ada perobahan nama lagi.

 

Penemuannya mengenai pengiriman sinyal tanpa kabel menjadi dasar untuk sejumlah perangkat teknologi modern. Melalui eksperimennya dalam telegraf nirkabel, Marconi telah mengembangkan sistem komunikasi radio pertama yang efektif. Guglielmo Marconi wafat di usia 63 tahun pada 20 Juli 1937 di Roma, Italia.

BACA JUGA : Penemu Mie Instan Ternyata Orang Jepang

Sumber :

https://www.republika.co.id/berita/trendtek/gadget/13/06/02/mnra0n-hari-ini-di-1896-marconi-mengumumkan-penemuan-soal-radio

https://id.wikipedia.org/wiki/Guglielmo_Marconi, https://en.wikipedia.org/wiki/Marconi_Company

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/25/17454511/biografi-tokoh-dunia-guglielmo-marconi-sang-penemu-radio?page=all

Yuli Hapsari