Selamat Ulang Tahun Jakarta!

 

Jakarta, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-492 tanggal 22 Juni 2019. Tapi tahukah kamu siapa orang yang paling berjasa dalam mengembangkan Jakarta menjadi sebuah kota metropilitan yang megah dan modern ini?

Ali Sadikin, pria kelahiran Sumedang 7 Juli 1927 adalah orang yang paling berjasa, di bawah kepemimpinannya Jakarta mengalami begitu banyak perubahan dengan dibangunnya berbagai macam proyek seperti Taman Ismail Marzuki (TIM), Proyek Senen, Taman Impian Jaya Ancol, Kebon Binatang Ragunan, Taman Ria, Monas, Pelestarian Budaya Betawi di Condet dan masih banyak lainnya.

Source : Wikipedia

Ali Sadikin adalah seorang Letnan Jenderal KKO-AL (Korps Komando Angkatan Laut) yang ditunjuk oleh Presiden Soekarno menjadi Gubernur Jakarta pada tahun 1966 yang kemudian dipasangkan dengan Laksamana Muda Udara Raden H. Atje Wiriadinata untuk membangun Ibu Kota Republik.

 

Ali Sadikin yang mempunyai nama panggilan Bang Ali, juga mencetuskan pesta rakyat setiap tahun pada hari jadi Kota Jakarta, 22 Juni. Bersamaan dengan itu berbagai aspek budaya Betawi dihidupkan kembali, seperti kerak telorondel-ondellenong, dan topeng Betawi.

Kehidupan artis-artis yang usianya lanjut pun tak luput dari perhatiannya yang pada saat itu banyak bermukim di daerah Tangki sehingga daerah itu dinamakan Tangkiwood.

Tidak hanya itu saja, Bang Ali juga menyelenggarakan Pekan Raya Jakarta atau yang kita kenal dengan nama Jakarta Fair dan memperbaiki sarana transportasi di Jakarta. Dan di bawah kepemimpinannya juga pertama kalinya diadakan pemilihan Abang dan None Jakarta.

Ketika kepemimpinannya berakhir di tahun 1977, Bang Ali tetap menyumbangkan pikiran-pikirannya demi pembangunan Kota Jakarta.

Dan di usianya yang ke-81, ia pun menghembuskan nafas terakhirnya, tepatnya pada hari Selasa, 20 Mei 2008 di Singapura.

Sumber: news.okezone.com; id.wikipedia.org

Ella Irawan