Sulap Bukan Sihir, darimana berawal?

 

Deddy Corbuzier itu mentalis atau pesulap ya, dan darimana sulap itu berawal?

Ternyata mentalis termasuk salah satu kategori yang lebih terperinci dari sulap, berdasarkan minat dan tingkat kesulitan yang berbeda. Mentalis dengan keahlian khusus, bisa melakukan sesuatu dengan kemampuan pikiran, hipnotis, bahkan prediksi yang sangat mustahil terjadi pun bisa dilakukan

BACA JUGA : Langkah Deddy Corbuzier

 

Sulap menggunakan gabungan beberapa ilmu seperti fisika, biologi, kimia, dan psikologi, disertai penggabungan gerakan/gesture dan ucapan si pesulap yang sedemikian rupa, membuat penonton terkesima tidak percaya, dengan tujuan menghibur. Bagi yang berminat, sulap itu bisa dipelajari.

Darimana sulap berawal?

http://freedocumentaryonline.org

Pada tahun 1823 atau 1824, Henry Westcar seorang petualang Inggris, menemukan papirus di Mesir sekitar 2700 SM, yang kemudian dikenal dengan Westcar Papyrus .

Menceritakan Djedi seseorang yang bisa sihir/sulap, diundang Raja Cheops ke istana. Ketika Djedi datang, raja memerintahkan seorang tahanan untuk dipenggal, tetapi Djedi menghentikannya karena tidak dapat melakukan sihir pada manusia. Djedi menunjukkan sihirnya pada seekor angsa, burung air, dan lembu yang dapat disatukan kembali setelah dipenggal.

Pada dinding kuburan Mesir Tua di Beni Hasan, terdapat lukisan 2500 SM, menggambarkan dua pria berlutut di atas empat mangkuk terbalik. Walau belum dapat dipastikan permainan sulap, namun cangkir dan bola (cups and balls) merupakan trik sulap tertua dan masih populer hingga kini.

Pada tahun 600 SM penulis Zoroaster menciptakan konsep magic dan okultisme yaitu adanya campuran sihir dan sulap. Kata magic dari bahasa Persia kuno “Magu” yaitu imam dari agama Zoroaster di Persia Kuno.

 

Pada masa okultisme begitu kuat, praktek sulap dianggap sebagai pemujaan setan, sehingga Paus Alexander IV tahun 1258 melarang segala bentuk sulap. Seakan terbuka wawasan baru ketika Reginal Scott, pada tahun 1584 menulis buku berjudul “The Discoverie of Witchcraft” mengenai pemahaman sulap yang benar, maka sulap dapat diterima oleh umum.

Tahun 1720 tampil Isaac Fawkes dalam pertunjukan sulap di London, ia pesulap pertama yang menarik tiket pertunjukan bagi kelas atas. Ia dan pesulap lainnya mengangkat sulap ke dalam pertunjukan seni di pasar malam atau pertunjukan keliling, sulap menjadi populer di Inggris. Ia berjasa dalam perkembangan sulap dunia, disebut sebagai salah satu “Old Heroes in Magic”.

Sulap modern di atas panggung populer tahun 1770-an, tahun 1798 di Paris dipertunjukkan “The Phantasmogaria”, tahun 1845 J.E. Robert Houdin menampilkan ilusi trik mengambang di udara. Houdin menjadi bapak sulap modern karena menggabungkan iptek, mesin, listrik, dan optical illutions.

Kesuksesan Isaac Fawkes menjadi inspirasi pesulap selanjutnya di antaranya Giuseppe Pinetti pada tahun 1784 ia mengadakan pertunjukan di Haymarket Theatre London. Hal ini merupakan awal perpindahan seni sulap jalanan dan pekan raya ke dalam theatre.

John Henry Anderson pesulap dari Skotlandia (1814 – 1874), mendapat julukan The Wizard of the North, pesulap yang dapat menembus seluruh Eropa, Amerika dan Australia.

Kepopuleran dunia sulap berlanjut ke abad berikutnya, banyak bermunculan pesulap-pesulap hebat, masyarakat mengenal sulap sebagai seni pertunjukan hingga saat ini.

BACA JUGA : Mengenal Lebih Jauh Suku Lingon

Sumber :

https://blog.rajasulap.com/magic/definisi- mentalis/ , https://id.wikipedia.org/wiki/Sulap , https://www.facebook.com/notes/yosefer-anugerah/sekilas-tentang-magic-gospel/587984834565452/ , http://hanhan-magic.blogspot.com/2010/10/sejarah-singkat-sulap.html , http://blackjademagic.blogspot.com/2007/09/sejarah-sulap-dunia.html , https://www.ancient.eu/The_Westcar_Papyrus/

Yuli Hapsari