Kopi Hitam, Kopi Putih, atau Kopi Hijau, Mana Paling Faedah?

 

twitter.com

Minuman kopi selain untuk dinikmati, juga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu jika di konsumsi teratur, tidak berlebihan, dan tanpa tambahan gula. Kita mengenal kopi hitam, kopi hijau dan kopi putih; kopi manakah yang paling memberikan manfaat, apakah ada bedanya?

Pada dasarnya semuanya sama dari biji kopi biasa, yang membedakan proses pembuatannya sehingga karakteristiknya berbeda. Kopi hitam melalui proses pemanggangan sehingga biji kopi berubah warna menjadi hitam, sedangkan kopi hijau tidak dipanggang, maka biji kopi tetap warnanya hijau alami dan memiliki aroma daun-daunan. Adapun kopi putih, biji kopi disangrai tetapi tidak sampai matang,warnanya ke putih-putihan.

Baik kopi hitam, kopi hijau, dan kopi putih semua memiliki kandungan seperti :

 

  • Kafein, termasuk salah satu senyawa yang bekerja dengan cara menstimulasi sistem saraf pusat, kerja kafein berhubungan dengan kerja adenosine yang dalam kondisi normal membantu proses tidur dan menekan aktivitas sistem saraf. Adenosin juga dapat melebarkan pembuluh darah di otak agar otak dapat menyerap banyak oksigen. Kafein memberikan efek semangat.
  • Ethyphenol, zat ini memberi aroma khusus pada kopi.
  • Quinic Acid, memberi rasa asam pada kopi, di dunia kedokteran untuk pembuatan obat flu.
  • Dicaffeoylquinic Acid, salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.
  • Acetylmethylcarbinol, adalah zat yang membuat kopi terasa gurih.
  • Putrescine, zat yang dihasilkan oleh bakteri E.Coli, hasil pembusukan dari bakteri terseb
  • Trigonelline, zat ini dapat melindungi gigi sehingga tidak mudah berlubang.

Kopi hitam

Rasa kopinya lebih kuat, jika diminum tanpa gula akan bermanfaat menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan jantung, dapat menurunkan risiko diabetes, meningkatkan daya ingat dan membantu fungsi otak tetap terjaga, menjaga kesehatan hati, dan lainnya.

source : wikipedia.com

Kopi Hijau

Karena biji kopinya tidak dipanggang maka tingkat asam klorogenatnya lebih tinggi; berguna untuk pembakaran lemak, mengatur kadar kolesterol, penurunan berat badan, dan meningkatkan hormone adenosine. Rasa kopi cenderung pahit dan getir dengan aroma daun daunan.

source : wikipedia.com

Kopi putih

Biji kopinya keras karena tidak melalui proses pemanggangan, perlu digerus menjadi bubuk. Kandungan kafeinnya lebih banyak dari kopi hitam. Perhatikan batasan dalam minum kopi putih. Ada pendapat, kopi putih adalah kopi hitam yang dicampur susu atau creamer.

source : videoblocks.com

Tidak hanya untuk minuman dan makanan, saat ini sudah banyak produk kecantikan dengan bahan dasar kopi seperti kosmetik, sabun mandi, masker wajah, parfum, dan lain-lain.

BACA JUGA : Kopi Luwak, Yakin Masih Mau Minum?

Selain bermanfaat, kopi juga punya efek samping jika dikonsumsi berlebihan, antara lain dapat meningkatkan risiko kenaikan tekanan darah, mempercepat denyut jantung dan gangguan pencernaan. Untuk itu hindari minum kopi dalam kondisi perut kosong.

Juga perlu diperhatikan kopi juga mengandung zat Niacin, yang dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh. Para penggemar kopi hendaknya mengimbanginya dengan minum air putih agar kesehatan ginjal tetap terjaga.

Setiap orang berbeda-beda kesanggupan dalam minum kopi dalam setiap harinya. Dikutip dari NPR, sebuah studi terbitan Mayo Clinic Proceedings menunjukkan bahwa konsumsi kopi rata-rata empat cangkir sehari adalah porsi yang berlebihan, setidaknya bagi yang berusia kurang dari 55 tahun. Bagi anak-anak di bawah usia 14 tahun disarankan untuk menghindari kopi.

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/koran/dialog-jumat/15/04/30/nnly477-kopi-putih-dan-kopi-hitam-sehat-mana , https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/5-manfaat-kafein-dan-efeknya-bagi-kesehatan/https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/plus-minus-mengonsumsi-kopi-hijau/ , http://www.tribunnews.com/tribunners/2016/05/17/kandungan-di-dalam-kopi-setara-dengan-narkobahttps://www.berkahgreencoffee.com/kopi-hijau-dan-kopi-hitam/ , https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/berapa-kali-minum-kopi-dalam-sehari-yang-masih-sehat/ , https://www.coffindo.id/article/cerita-kopi-hitam/11-manfaat-kopi-hitam-untuk-kesehatan https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/manfaat-kopi-hitam-hijau-kesehatan-kecantikan/

Yuli Hapsari