Lahirnya Museum di Dunia

 

Pasti sudah banyak yang mengetahui bahwa di museum terdapat benda-benda bersejarah, koleksi berharga dan langka, namun perlu juga diketahui bagaimana awal terbentuknya museum.

Pada awal abad ke-2 SM, di Mesopotamia sudah terdapat museum dalam bentuk primitif. Museum dari kata Yunani “mouseion” yakni kuil untuk memuja dewi-dewi inspirasi, pembelajaran, dan patron seni (Akbar, 2010:3). Di Sumeria pada abad ke-6 SM, menurut Kotler (2008) yang dikutip Akbar (2010), para raja sudah mengoleksi benda-benda antik, yang disimpan di ruangan dekat kuil.

Di Eropa terutama Yunani dan Romawi, benda-benda antik didapat dari pampasan perang, namun benda benda-benda koleksi menjadi lebih baik di abad ke-15 M setelah Renaisance.

 

Capitolini di Roma, Italia, menjadi museum tahun 1471, ketika Paus Siktus IV mendonasikan koleksi benda perunggu kunonya kepada masyarakat Roma. Museum Capitolini terdiri dari tiga lantai yang di desain oleh pelukis dan arsitek di zaman Renaissance yaitu Michael Angelo.

Capitolini Museum, Italia bagian kelompok dari museum seni dan arkeologi. Sumber foto https://www.idntimes.com/travel/destination/eliza/5-museum-tertua-di-dunia-c1c2/full

Lahirnya museum tidak lepas dari hobi kalangan terpelajar dan bangsawan Eropa mengumpulkan benda-benda kuno. Saat itu ada kalangan yang disebut antiquarian, yaitu orang-orang yang tertarik dengan benda-benda kuno yang indah, aneh dan langka, apalagi jika benda itu disebut dalam kitab sejarah, legenda, atau dongeng.

Hingga abad ke-17, minat yang semula pada sejarah bangsa Eropa, mulai meluas terkumpul benda-benda kuno dalam jumlah besar. Mereka secara berkala mulai saling mempertontonkan koleksinya, bertemu, dan berdiskusi namun masih terbatas untuk kalangan tertentu saja, tidak untuk umum.

Tahun 1753, British Museum berdiri, berawal dari benda-benda koleksi Sir Hans Sloane, seorang dokter dan ilmuwan. Mulai dibuka untuk umum pada 15 Januari 1759, di Montagu House di Bloomsbury, museum ini menjadi lokasi syuting film Hollywood, Night at the Museum 3 dan The Secret of Tomb.

Koleksinya lebih dari delapan juta benda dari seluruh benua, menjadi museum terlengkap dunia.

Pada tahun 1946, dibentuk International Council of Museum (ICOM), suatu Dewan Museum Internasional yang merupakan organisasi non pemerintah. Menurut ICOM museum adalah lembaga nirlaba, permanen, yang melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, mengakuisisi, melestarikan, meneliti, mengomunikasikan dan menunjukkan warisan kemanusiaan dan lingkungan yang berwujud dan tidak berwujud untuk tujuan pendidikan, belajar, dan rekreasi.

 

Setiap 18 Mei sejak dicanangkan tahun 1977, diperingati sebagai Hari Museum Internasional, yang dikoordinir oleh ICOM dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dunia akan pentingnya peranan museum dalam perkembangan masyarakat.

Namun sejak tahun 2015, Indonesia mempunyai Hari Museum Nasional setiap tanggal 12 Oktober. Pendeklarasiannya di Malang pada 26 Mei 2015 dalam kegiatan tahunan Pertemuan Nasional Museum.

Ditetapkannya tanggal 12 Oktober tersebut berkaitan dengan peristiwa diselenggarakannya Musyawarah Museum se-Indonesia yang pertama, di Yogyakarta pada tanggal 12-14 Oktober 1962.

Saat ini di seluruh wilayah Indonesia, banyak dijumpai berbagai jenis museum seperti museum arkeologi, sejarah, militer, wayang, tekstil, bahari, seni rupa dan keramik serta lainnya.

Semoga kehadiran museum dapat mewujudkan tiga pilar permuseuman, yang merupakan landasan kegiatan operasional museum yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, mempertegas kepribadian bangsa, serta meningkatkan ketahanan nasional dan wawasan nusantara.

BACA JUGA : Benteng Vredeburg

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Nasional_Indonesia , https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/muspres/hari-museum-nasional-12-oktober/ , https://www.idntimes.com/travel/destination/eliza/5-museum-tertua-di-dunia-c1c2/full , https://www.kompasiana.com/djuliantosusantio/57fd9697917e614f0b4ac17b/kilas-balik-penetapan-hari-museum-indonesia-12-oktober?page=all , https://id.wikipedia.org/wiki/British_Museum

Yuli Hapsari