Mengunjungi “Raja Ampat” versi Sulawesi Tenggara

 

Pulau Labengki belum seterkenal Raja Ampat memang, sehingga mungkin belum banyak orang yang tahu. Tetapi keindahan Pulau ini tiada duanya dan mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga tidak salah jika banyak orang yang menyebut Pulau Labengki sebagai Raja Ampat versi Sulawesi Tenggara.

Terletak di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Utara dan merupakan pulau gugusan karang besar dan karang kecil.

Ada beberapa alasan mengapa Pulau Labengki ini wajib untuk dikunjungi.

 

1. Mempunyai pantai pasir putih seperti Pantai Cemara di Raja Ampat

Pantai pasir putih yang letaknya tersembunyi ini hampir mirip dengan Pantai Cemara yang ada di Raja Ampat.

2. Dapat melihat salah satu spesies yang terkenal di dunia

Di tempat ini merupakan habitat salah satu spesies kima terbesar di dunia, yaitu Kimabo. Kima merupakan salah satu jenis kerang raksasa yang besarnya bisa mencapai 50 cm. Ada juga yang menyebut Pulau Labengki sebagai “Giant Clam Marine Park Reservation”.

Pulau Labengki ini sekaligus dijadikan sebagai tempat penelitian dan konservasi.

3. Teluk Cinta dan Kimaboe Hills

Teluk Cinta dan Kimaboe Hills, merupakan ikon dari Pulau Labengki yang dinamakan View Raja Ampat. Mendaki hingga ke puncak Kimaboe Hills tidak membutuhkan waktu lama, hanya perlu waktu kurang lebih lima menit saja. Setiba di puncaknya kita dapat melihat dua buah view yang berbeda, di sebelah kanan terdapat Teluk Cinta, karena bentuk gradasi air lautnya seperti bentuk hati dan di sebelah kiri terdapat pemandangan menghadap Pulau Mauang yang sangat indah.

4. Mempunyai Spot yang sangat menarik

Pulau Labengki yang terdiri dari perbukitan dan pulau-pulau kecil, menjadikannya sebagai salah satu spot yang populer karena sangat mirip dengan yang ada di Wayag Raja Ampat

5. Dapat Mengenal Lebih Jauh Suku Bajo

Pulau Labengki bukanlah merupakan pulau yang kosong tetapi dihuni sekitar 100 kepala keluarga dari Suku Bajo, dan mereka sangat ramah terhadap wisatawan.

Jadi, masih ragukah mengunjungi Pulau Labengki?                                         

BACA JUGA : Api Abadi Mrapen

Sumber: phinemo.com; www.yukpiknik.com; http://mytrip.co.id; https://anekawisatanusantara.blogspot.com

Ella Irawan