Empat Hewan Simbol Keberuntungan Etnis Tionghoa

 

Dalam tradisi masyarakat Tiongkok ada empat hewan yang memiliki sifat Dewa, maka tidak salah jika mereka menyebut bahwa hewan-hewan itu sebagai hewan suci pembawa keberuntungan.

1. Naga

source : www.tionghoa.info

Naga selain dianggap sebagai hewan paling agung juga dianggap sebagai lambang keberuntungan paling agung, juga dipercaya bahwa naga itu mempunyai kekuatan gaib untuk menampakkan atau menyembunyikan diri.

 

Zaman dahulu kaisar selalu memakai jubah yang berlambangkan naga dengan duduk di kursi berukiran naga, sehingga naga juga menjadi lambang kaisar.

Sampai sekarang banyak keluarga yang mengharapkan agar dapat melahirkan anak mereka di tahun naga, karena naga dipercayai sebagai simbol keberhasilan   

2. Burung Hong atau Phoenix

source : www.tionghoa.info

Phoenix dianggap juga sebagai salah satu hewan yang membawa keberuntungan, karena diyakini hanya muncul di masa damai dan makmur, selain itu juga dianggap sebagai Raja Burung.

Burung Hong atau Phoenix ini menjadi hiasan wajib pada pakaian dan hiasan kepala mempelai perempuan dalam pernikahan tradisional Tiongkok.

3. Qilin

 

source : www.tionghoa.info

Merupakan mahkluk mitologis yang dikisahkan selalu muncul bersamaan dengan datangnya seorang bijak dan pada zaman dahulu selalu dianggap sebagai lambang kedamaian dan kemakmuran oleh kaisar-kaisar. Bahkan di Tiongkok, dipercayai Qilin adalah hewan suci pelindung negeri dari bencana.

4. Kura-kura

pixabay.com

Konon kura-kura merupakan hewan yang mempunyai umur terpanjang di antara hewan lainnya, bahkan dapat hidup selama 150 tahun. Oleh karena itu dipercaya sebagai simbol panjang umur. Kura-kura memiliki kemampuan meramal masa depan.

Dari keempat hewan tadi, kura-kura satu-satunya hewan yang benar-benar ada, sementara yang lainnya adalah hewan mitologi

BACA JUGA : Klenteng Tay Kak Sie

Sumber: id. wikipedia.org; www.tionghoa.info; shujinkouron.blogspot.com

Ella Irawan