Negeri diatas Awan

 

source : wikipedia

Baru saja kita mendengar hilangnya helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat yang mengangkut 12 penumpang dan hilang kontak di Gunung MoI, Distrik Oskop, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Sabtu kemarin.

Kabupaten Pegunungan Bintang terletak di Provinsi Papua, beribu kota di Oksibil. Kabupaten ini merupakan satu-satunya Kabupaten di Pegunungan Jayawijaya yang berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini.

Hampir 90% wilayahnya terletak di dataran tinggi pegunungan yang mempunyai ketinggian 400-4.000 meter dpl dan memiliki luas wilayah 15.682 km persegi, sehingga bisa disebut juga sebagai “Negeri di Atas Awan”, karena kita bisa melihat dari ketinggian hamparan awan-awan di bawahnya.

Oksibil dikelilingi oleh pagar pegunungan yang terjal dan tinggi. Hampir di setiap distrik terdapat lapangan terbang, tetapi hanya lapangan terbang di Oksibil dan Batom saja yang bisa didarati pesawat Twin Otter.

Kondisi alamya indah sekali dan setiap harinya selalu diliputi awan, walau terkadang juga terlihat cerah. Secara geografis Oksibil terletak di cekungan dataran tinggi yang selalu berkabut, sehingga sering menyulitkan pilot ketika melakukan pendaratan. Hal ini menyebabkan tidak jarang sejumlah pesawat mengurungkan pendaratannya dan memilih untuk kembali karena kabut yang tebal. Cuaca yang tiba-tiba berubah menjadi buruk menyebabkan pesawat sering mengalami kecelakaan fatal di daerah ini karena sulit untuk dikendalikan.

BACA JUGA : Mengenang Duta Suara

Sumber : . https://ristekdikti.go.id/; https://id.wikipedia.org

Ella Irawan