Sutopo Purwo Nugroho, Tutup Usia

Ig sutopopurwo

Dr. Sutopo Purwo Nugroho, M.Si., APU, kelahiran Boyolali Jawa Tengah, 7 Oktober 1969, jabatan terakhirnya sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNPB, meninggal dunia Minggu, 7 Juli 2019, saat tengah menjalani pengobatan penyakit kanker paru-parunya di St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, sejak 15 Juni 2019.

Penyakit kanker paru-paru yang bersarang di tubuhnya telah menyebar hingga ke tulang dan beberapa organ vital tubuh lainnya.

Januari 2018, ia mengumumkan kepada masyarakat bahwa ia di diagnosa oleh dokter menderita kanker paru-paru stadium IVB pada akhir Desember 2017, namun di tengah perjuangannya melawan penyakit kanker ia tetap berjuang gigih dalam memberikan informasi berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia selama tahun 2018 hingga 2019.

Baca Juga: Mengenal Bapak Angklung Daeng Soetigna

Bahkan yang perlu diacungi jempol, ia sempat melakukan konferensi pers pada saat terjadi bencana gempa bumi di Lombok dan Palu di tengah rasa sakit yang menderanya, walaupun keluarga dan para dokter telah memintanya untuk berhenti beraktivitas namun ia menolak.

Semangatnya tak pernah surut walau kegiatannya sudah berkurang jauh, ia tetap melayani masyarakat, juga wartawan dengan selalu memberikan data yang akurat tentang kebencanaan.

Selain sebagai Kepala Pusat Data dan Hubungan Masyarakat di BNPB, rupanya ia begitu mengidolakan Raisa Andriana dengan selalu menyebut akun twitter Raisa @raisa6690 di akhir tulisannya.

Bahkan ketika netizen banyak yang membuat tagar #RaisaMeetSutopo, menjadi sebuah trending topic di twitter.

https://twitter.com/Sutopo_PN
https://twitter.com/Sutopo_PN

Alumni Universitas Gajah Mada dan Institut Pertanian Bogor ini juga sempat memberikan dukungan dan semangat kepada almarhumah Ibu Ani Yudhoyono, untuk tetap semangat dan sabar dalam menghadapi ujian yang diberikan oleh Allah.

Baca Juga: Joanna Palani, Sniper Andal nan Cantik

Di postingan instagram @sutopopurwo tanggal 9 Juni 2019, Sutopo memperlihatkan ia tengah dipijit oleh ibunya yang tanpa kenal lelah merawatnya.

Ig sutopopurwo

Sumber : https://bnpb.go.id; https://id.wikipedia.org; https://www.tabloidbintang.com; https://www.kompas.tv; https://plus.kapanlagi.com

Ella Irawan
Ella I