Arti Warna Seragam Sekolah

Setiap tahun ajaran baru akan dimulai, para orangtua sibuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak, dimulai dari pendaftaran sekolah, membeli perlengkapan sekolah dari alat tulis, tas, sepatu  hingga pakaian seragam.

Anak sekolah Indonesia wajib mengenakan seragam, tentunya sesuai tingkat pendidikan. Tiap tingkat punya warna seragam yang berbeda, merah-putih untuk SD, biru-putih untuk SMP, dan putih abu-abu untuk jenjang SMA. Warna yang dikenakan selama ini sudah menjadi rutin. Barangkali tidak pernah terpikir makna dari warna-warna itu.

Sebenarnya apa sih makna dari warna seragam sekolah?

Baca Juga: Sistem Zonasi, Menguntungkan atau Merugikan?

Pengertian seragam sekolah secara umum adalah baju yang digunakan oleh siswa-siswi suatu sekolah atau lembaga pendidikan tertentu sebagai lambang atau identitas dari suatu sekolah. Sebagai lambang dan identitas sekolah, seragam sekolah tentu harus memenuhi ketentuannya antara lain: rapih dan fit di badan, tidak terlalu longgar atau ketat, tidak terlalu pendek, berbahan nyaman sehingga para siswa nyaman menggunakannya.

Kalau melihat sejarahnya, sebenarnya anak sekolah Indonesia sudah mulai mengenakan seragam sejak jaman penjajahan Jepang. Tapi waktu itu, pihak berwenang belum menetapkan warna seragam di tiap jenjang pendidikan. Masing-masing sekolah punya seragam sendiri sesuai dengan visi misi sekolahnya. Baru kemudian tanggal 17 Maret 1982 di era pemerintahan Soeharto, kebijakan pemisahan warna seragam mulai ditetapkan. Ketetapan tersebut tercatat di Surat Keputusan (SK) Menteri No.052/C/Kep/D/1982 tentang pakaian seragam sekolah. 

Di SK itu pakaian seragam diatur mulai dari arti warna, perlakuan terhadap penggunaan pakaian seragam, jenis, macam, bentuk hingga kelengkapan berseragam. Sebenarnya tujuan menggunakan seragam sekolah dari dulu sampai sekarang sebagai simbol kesetaraan sosial bagi seluruh siswa. Mungkin ini yang perlu diketahui oleh para siswa.

Sumber: //www.konveksijogjamurah.net, 2018

Kalau dilihat makna warna dari setiap jenjang pendidikan adalah, warna merah untuk seragam SD, ternyata melambangkan antusiasme dan semangat yang tinggi. Ini mengingatkan kita kalau karakter anak SD (usia 6-12 tahun) itu ceria. Pada dasarnya mereka punya rasa ingin tahu yang tinggi akan berbagai macam hal. Oleh karena itu, warna merah melambangkan semangat keingintahuan mereka.

Seragam Sekolah Menengah Pertama (SMP) berwarna putih dan biru tua. Biru tua dipilih karena menyimbolkan sifat percaya diri dan mandiri. Di tingkat SMP, siswa telah memasuki usia remaja dimana mereka harus mulai belajar bagaimana mengekspresikan diri dengan baik, dan melatih kemandirian.

Sedangkan warna putih-abu dipilih sebagai warna seragam SMA karena mencerminkan kedewasaan dan ketenangan. Inilah tahap di mana siswa mulai mengenal lebih dalam lagi tentang diri mereka dan mencari jati diri. Pengertian sesungguhnya, seharusnya anak SMA tenang dalam bertindak dan menunjukkan kedewasaannya saat mengambil keputusan. Kalau masih saja terjadi tawuran dan bikin onar di kalangan siswa SMA, apa gak malu dengan seragamnya?

(indah)