Wanita Pertama yang Menjadi Underwater Welding

http://www.weldfabtechtimes.com

Nur Izzati Athirah Mohammad Yusoff, seorang hijabers yang berasal dari Malaysia, saat ini mendadak viral saat menggeluti profesi yang tidak biasa, yaitu menjadi seorang Underwater Welding atau Tenaga pengelasan dalam air.

Underwater Welding adalah pengelasan yang dilakukan di bawah air, umumnya laut. Biasanya digunakan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada badan kapal dan perbaikan struktur kapal, konstruksi pipa air, konstruksi pipa minyak dan gas, konstruksi jembatan di atas air maupun konstruksi rig atau pengeboran lepas pantai, bangunan lepas pantai serta konstruksi lainnya yang terendam air.

Anak kedua dari empat bersaudara ini dibesarkan di Kampung Sungai Rambutan, Rantau Panjang, Distrik Selama Perak, Malaysia. Sewaktu masih duduk di sekolah Dasar ia bercita-cita menjadi seorang prajurit Angkatan Darat, namun ketika melanjutkan sekolah di Kolej Vokasional Taiping, Kemunting, Taiping, Perak, Malaysia, ia menjadi satu-satunya wanita yang menekuni dunia pengelasan di kampusnya pada tahun 2013.

Baca Juga: Sutopo Purwo Nugroho, Tutup Usia

Selama satu tahun ia mengikuti pelatihan pengelasan bawah laut. Setelah selesai mengikuti pelatihan itu sekarang ia menjadi asisten instruktur di Weldzone Training Center di mana semua siswanya adalah pria.

Menekuni profesi yang tidak biasa bagi seorang wanita bukanlah tanpa resiko, banyak sekali rintangan yang terjadi di bawah laut, seperti gelembung yang mempunyai peranan penting dalam pengelasan, namun juga gelembung ini bisa menghalangi pandangan apabila lingkungan sekitar tidak stabil. Selain itu juga dalam melakukan pengelasan di bawah air harus berhadapan dengan bahaya listrik karena menggunakan 300 hingga 400 ampere arus listrik untuk menyalakan alat pengelasan.

https://ciptamarine.files.wordpress.com

Bagi kesehatan pun ada juga bahayanya terkait dekompresi yang melibatkan jumlah tekanan dan gas yang bisa terhirup saat menyelesaikan pekerjaan. Kasus yang jarang terjadi namun ada efek yang lebih parah yaitu gangguan muskuloskeletal adalah suatu kondisi yang mengganggu fungsi sendi, ligamen, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang.

Gaji yang ditawarkan untuk menjadi Underwater Welding sungguh menggiurkan, seperti dilansir dari Payscale, pendapatan yang akan diperoleh minimal 1 Miliar Rupiah per tahun. Karena masih sedikitnya jumlah orang yang menekuni profesi ini, justru mereka yang dicari oleh perusahaan bukan mereka yang mencari.

Baca Juga: Mengenal Bapak Angklung Daeng Soetigna

Di Indonesia jika ada yang ingin menekuni profesi ini, harus memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh API (Asosiasi Pengelasan Indonesia) atau biasa dikenal dengan Indonesian Welding Society dan yang tidak kalah penting adalah memiliki sertifikat sebagai penyelam. Lokasi pendidikan keahlian ini berada di Solo Techno Park.

Sumber : https://wolipop.detik.com; https://www.gomuslim.co.id; https://www.boombastis.com; https://omc.proxsisgroup.com

Ella Irawan
Ella I