Penyebab Kanker Paru-Paru

http://www.realquit.com

Berpulangnya Sutopo Purwo Nugroho dikarenakan mengidap penyakit kanker paru-paru sangatlah mengagetkan, mengingat Sutopo bukanlah seorang perokok aktif.

Perokok aktif merupakan kelompok yang paling rentan terkena penyakit kanker paru-paru, namun orang yang sering terpapar asap rokok pun mempunyai resiko terkena.

Rokok dan asap rokok mengandung lebih dari 60 zat beracun yang dapat memicu perkembangan kanker. Jenis zat beracun itu seperti nikotin dan tar. Nikotin dipakai sebagai bahan insektisida, sedangkan tar digunakan dalam pembuatan aspal jalanan.

Asap yang dihembuskan walaupun tidak selalu terlihat, mempunyai efek yang lebih berbahaya daripada asap yang dihirup oleh perokok. Asap ini terbentuk oleh partikel yang sangat kecil sehingga lebih mudah terhirup oleh orang lain di sekitarnya.

Baca Juga: Sutopo Purwo Nugroho, Tutup Usia

Namun rokok ternyata bukanlah satu-satunya penyebab, ada faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang terkena kanker paru-paru:

  1. Riwayat Kesehatan Keluarga

Jika ada salah satu anggota keluarga pernah menderita penyakit itu, maka resiko seseorang untuk terkena penyakit kanker paru-paru pun semakin tinggi.

  1. Lingkungan Kerja

Jika kita berada dilingkungan kerja yang tingi paparan kimia berbahaya, seperti asbes, nikel, batu bara, juga arsen maka, berisiko mengalami kerusakan pada paru-paru.

  1. Lingkungan Tempat Tinggal

Gas beracun alami (radon) dapat juga ditemukan di batuan, tanah, dan di bangunan tua, apabila kita sering menghirup radon maka paru-paru kita pun akan mengalami kerusakan.

Baca Juga: Agung Hercules, kini…!!

  1. Polusi Udara
https://www.triphobo.com

Di dalam aktifitas yang kita lakukan sehari-hari, paparan polusi udara kerap menemani, seperti yang berasal dari asap kendaraan di jalan raya, atau pun asap pabrik di lingkungan kerja. Polusi udara itu juga merupakan faktor lain yang dapat meningkatkan seseorang terkena kanker paru-paru.

  1. Terapi Radiasi

Seseorang yang menjalani pengobatan dengan metode radiasi pun tak luput memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru.

Sumber : https://hellosehat.com; https://www.alodokter.com; https://www.bbc.com

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =