Taman Rekreasi Bermula di..

 

Di musim liburan sekolah  salah satu tempat favorit yang ramai dikunjungi adalah taman rekreasi, atau theme park, yaitu sekelompok atraksi hiburan, wahana dan acara disuatu lokasi untuk dinikmati. Pengunjung  mendapat pengalaman fantastis, naik berbagai  wahana menegangkan memacu adrenalin.

Kapan taman rekreasi bermula ?

Ada berbagai versi, salah satunya  menyebutkan taman rekreasi tertua adalah , Dyrehavsbakken atau disebut Bakken yang memiliki arti “Bukit Taman Rusa”  di  Kopenhagen, Denmark. 

en.wikipedia.org

Pada tahun 1583 Kirsten Piil, menemukan mata air di Bakken, beritanya tersebar sampai  kepada warga Kopenhagen  yang  saat itu kualitas airnya memburuk, merekapun mulai  berdatangan bahkan banyak yang  beranggapan airnya dapat menyembuhkan.

Banyak orang  berkerumun di lokasi mata air, terutama pada musim semi,  tidak hanya warga biasa tetapi juga  para penghibur dan penjaja makanan,  hal ini menjadi cikal bakal  taman rekreasi.

Pada tahun 1669 Raja Frederick III, menutup tempat tersebut dan digunakan sebagai lokasi berburu. Baru dibuka kembali pada tahun 1756 oleh raja Frederick V dan menjadikannya  taman  rekreasi.

Dyrehavsbakken menjadi terkenal, para penghibur dan seniman bergabung, diantaranya Pjerrot, badut yang hingga kini masih ada. Popularitasnya  terbantu dengan terbukanya akses dari perkembangan kapal uap tahun 1820 dan rel kereta api tahun 1864 ditambah publisitas dari penyair dan penulis.

Pada tahun 1866 mulai dibuka kabaret, tahun 1877  dibuka paviliun Bakkens Hvile, dan di abad ke-20 dibuka wahana populer seperti Circus Revue. Dyrehavsbakken  mempunyai enam roller coaster dan menjadi  tempat hiburan dengan fasilitas modern  untuk segala usia.

disney.go.com

Theme park  dunia yang banyak dikunjungi diantaranya  Amerika Serikat, jumlah pengunjung sekitar 20 juta orang di tahun 2015,  Disneyland Park di Disney Resort Amerika Serikat , Tokyo Disneyland di Tokyo Disney resort.

Bagaimana di Indonesia ?  

kepogaul.com

Di Ancol, Jakarta,  29 Agustus 1985  berdiri taman hiburan Dunia Fantasi atau Dufan.Pada awalnya tidak hanya menyediakan wahana-wahana yang menantang tetapi juga dengan suara, musik, tari, gerak dan budaya. Pada masa itu amusement park berkelas dunia hanya ada di beberapa tempat salah satunya di Amerika, Knott’s Berry Farm Buena (berdiri 1940)  dan Dufan salah satu Theme Park pertama Asia.

Saat ini di Indonesia sudah  banyak dijumpai taman rekreasi  dengan mengusung berbagai konsep. 

BACA JUGA : De Tjolomadoe

Sumber :

https://www.beritasatu.com/destinasi/209106/arki-taman-hiburan-di-indonesia-sudah-jauh-tertinggal

https://www.teen.co.id/read/3769/dyrehavsbakken-kopenhagen-lokasi-amusement-park-pertama-di-dunia https://id.wikipedia.org/wiki/Studio_Fantasi

Yuli Hapsari