Buteyko Breathing, Apa sih itu?

Belum lama ini Andien membagikan unggahan di instagram pribadinya, @andienaisyah, tidur dengan posisi mulut diplester, metode ini dikenal dengan istilah Buteyko Breathing.

Ig andienaisyah

Buteyko Breathing memang masih dianggap aneh oleh masyarakat Indonesia, hingga hal ini sempat menjadi perbincangan luas.

Metode Buteyko Breathing atau teknik pernapasan Buteyko adalah terapi alternatif yang menganjurkan latihan bernafas sebagai langkah utama dalam menangani asma dan masalah pernapasan lainnya.

Fokus utama metode Buteyko adalah latihan suatu teknik pernapasan pada pernapasan hidung, penahan napas, dan relaksasi.

Baca Juga: Penyebab Kanker Paru-paru

Konstantin Pavlovich Buteyko, seorang dokter yang berasal dari Ukraina pada tahun 1950 yang mengusulkan metode ini pertama kalinya, ia menganggap berbagai masalah kesehatan termasuk juga asma disebabkan karena naiknya frekuensi bernapas secara kronis. Walaupun teori itu tidak diakui oleh kalangan dokter karena keampuhannya pada waktu itu belum terbukti

Konstantin Pavlovich Buteyko (https://id.wikipedia.org)

Buteyko Institute Method melakukan sebuah penelitian, beberapa pasien dengan keluhan mendengkur dapat dibantu untuk bernafas lebih lancar jika menggunakan metode ini, namun sebelum melakukan metode ini sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah juga memiliki sumbatan jalan napas.

Orang yang memiliki sumbatan jalan napas akan merasa tidak nyaman jika tidur dengan mulut diplester karena bila terbangun di pagi hari akan merasa sesak karena metode Buteyko Breathing akan memfokuskan pernapasannya hanya pada hidung saat tidur.

Baca Juga: Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Penelitian Buteyko Breathing masih kontroversial sehingga disarankan untuk yang ingin melakukan metode ini sebaiknya bertanyalah terlebih dahulu kepada dokter sehingga dapat mengetahui lebih jauh mengenai Buteyko Breathing.

Sumber : https://www.klikdokter.com; https://id.wikipedia.org

Ella Irawan
Ella I