Pawang Ranjau Paku Jalanan

https://www.gridoto.com

Pernah melihat sekelompok orang tengah memungut paku dari jalanan menggunakan rompi berwarna hijau dan magnet bergagang yang digenggam ? Ternyata mereka adalah Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku atau yang biasa disebut dengan Saber.

Diawali dari keprihatinan dan kepedulian dari Abdul Rohim terhadap sesama pengendara, terutama pengendara sepeda motor yang sering menjadi korban dari ranjau paku itu tadi.

Ig relawan_ranjau.paku

Ia menyadari melakukan pekerjaan ini tidaklah mudah, maka diajaklah beberapa orang temannya untuk sama-sama memberantas ranjau paku yang banyak bertebaran di jalanan.

Untuk lebih terorganisir maka pada tanggal 5 Agustus 2011 dibentuklah suatu wadah yang bernama Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku dan sudah dijadikan mitra dari kepolisian khususnya Polantas Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Empat Pedagang Yang mulai jarang dijumpai di Jakarta

Relawan Saber ini terdiri dari berbagai macam profesi. Disebut relawan karena dalam menjalankan tugasnya mereka tidak mengharapkan imbalan, walaupun profesi yang digeluti ini rawan dengan bahaya berupa ancaman. Biasanya ancaman ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak menyukai keberadaan dari komunitas ini, sehingga bagi siapa pun yang berkeinginan bergabung diperlukan izin dari pihak keluarga terlebih dahulu.

Komunitas ini pun tidak segan untuk memberikan informasi penting yang mungkin belum diketahui oleh para pengendara motor, selama melintasi daerah-daerah yang dianggap rawan; kurangi kecepatan dan batas aman kecepatan 20 km/jam saja.

Jika kendaraan itu dipacu dengan kecepatan yang cukup tinggi maka paku-paku tadi akan segera terangkat dan langsung menancap pada ban, apalagi bila beban yang diboncengnya cukup berat.

Baca Juga: Penemu Mie Instan, ternyata orang jepang !

Lakukan cek tekanan angin secara berkala, karena bila tekanan angin kurang akan mudah sekali terkena ranjau paku itu. Selain itu cara lainnya adalah dengan selalu melihat secara seksama kondisi di jalan, jika terlihat sesuatu yang mengkilap bisa dipastikan itu adalah ranjau paku.

Sebelum disebarkan oleh para pelaku, paku itu direndam dengan air kimia sehingga memunculkan warna karat supaya paku yang tadinya berwarna terang tidak akan terlihat saat disebar di jalan.

Sumber : https://www.gridoto.com; https://www.kaskus.co.id

Ella Irawan
Ella I