Beauty Vlogger Disabilitas

Ig laninka

Laninka Siamiyono merupakan seorang Beauty Vlogger Disabilitas. Ia menderita Rheumatoid Arthritis, penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan sendi sehingga seluruh badannya menjadi kaku mulai dari sendi hingga ke otot dan yang paling sering terkena adalah bagian pergelangan tangan, kaki, dan lutut. Aktivitasnya pun harus dibantu dengan kursi roda sejak ia duduk di bangku SMP.

Namun keterbatasan fisik yang dialaminya tidak menjadi penghalang untuk berkarya, walau ia sempat merasa terpukul dengan keadaan yang dimilikinya.

Kepercayaan dirinya perlahan timbul ketika ia mengenakan make up. Awalnya memang tidak mudah melakukannya sendiri karena akibat penyakit yang dideritanya itu pergelangan tangannya tidak bisa menekuk.

Baca Juga: Wanita Pertama yang Menjadi Underwater Welding

Suatu ketika tanpa sengaja ia melihat alat pukul dan pijat yang berbentuk seperti sebuah tangan kecil, lalu ia mulai mengikat brush dan mulai melatih merias diri dari Youtube secara perlahan lahan, sampai akhirnya ia merasa sudah cukup mahir dalam ber-make up.

Ig laninka

Atas saran dari teman-temannya ia pun membuat Youtube chanel dan membagikan tutorial make up di akun Youtubenya The Wheelchair Girl dengan tujuan untuk membantu para disabilitas agar dapat percaya diri, karena menurut Laninka kaum disabilitas pun berhak untuk tampil cantik dengan menggunakan make up.

Selain mengunggah tutorial ber-make up, di akun Youtube The Wheelchair Girl ini membahas pula tentang dunia disabilitas dan segala aktivitasnya.

Rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya membuat Laninka mencetuskan sebuah gagasan untuk membuat gerakan “Lipstick untuk Difabel” yang mana sumbangan lipstik itu akan diberikan kepada penyandang disabilitas.

Memilih lipstik bukan tanpa alasan, baginya lipstik bisa merubah mood dalam sekejap, namun tidak semua wanita dapat merasakan “The Power of Lipstick”.

Ig laninka

Beauty vlogger berhijab ini telah membuktikan walaupun tidak memiliki kesempurnaan fisik tapi para penyandang disabilitas berhak untuk cantik dan berprestasi.

Baca Juga: Ingin Menjadi Youtuber? Simak Tips Berikut Ini

Ig laninka

Sumber: https://wolipop.detik.com; http://wargajogja.net; https://www.bbc.com

Ella Irawan
Ella I