PESAN JACK MA

“Andaikan saja saya seberuntung Jack Ma dalam berbisnis“.

Percakapan tersebut saya dengar dari tiga orang laki-laki yang sedang ngopi, duduknya tidak jauh dari tempat saya berada. Berkali-kali nama Jack Ma disebutkan, sehingga saya mencari tahu, ternyata Jack Ma termasuk dalam daftar orang terkaya di dunia dan unik dalam pencapaiannya.

Jack Ma lahir tanggal 15 Oktober 1964 di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, bertempat tinggal di lingkungan sederhana, semasa itu hidupnya berhadapan dengan berbagai masalah.

Baca Juga: Mengenal Hairul Anas, Pencipta Robot Pemantau Situng KPU

Sejak di SD, dia ditolak belajar di sekolah yang diinginkan karena nilai matematikanya kurang baik, tetapi dapat dilaluinya. Sejak usia 12 hingga 20 tahun dengan mengendarai sepedanya selama 40 menit menuju hotel, dimana dia bisa belajar bahasa Inggris.

Jack Ma kurang beruntung dalam melamar pekerjaan, 30 kali mendaftar pekerjaan selalu ditolak bahkan ketika ia mendaftar di satu perusahaan, dari 24 orang hanya dirinya yang tidak diterima. Jack Ma kemudian menjadi guru bahasa Inggris karena ia fasih dalam bahasa Inggris.

Selama delapan tahun Jack Ma banyak bertemu dengan turis asing, itu mengubah cara pandangnya mengenai hidup. Dia merasa dapat berfikir global dibandingkan orang-orang lainnya, dia banyak mendapat informasi yang berbeda dari semua yang dipelajari dari para guru dan buku pelajarannya.

Pada tahun 1995, pertama kalinya Jack Ma menggunakan internet, dia mencari kata China dan beer, namun tidak menemukan seperti yang diharapkan. Berbekal rasa penasaran, dia bersama temannya menciptakan laman website untuk jasa terjemahan bahasa Tiongkok, dalam beberapa jam saja dia mendapat email yang cukup membantu dalam membangun situs tersebut.

Source: wikipedia.org

Kemudian Jack Ma mendirikan Alibaba Group, retailer online terbesar di Tiongkok. Situs alibaba.com merupakan tempat pertama yang menghubungkan para eksportir Tiongkok dengan para pembeli di luar negeri, juga mampu dengan cepat menarik investor. Dua situs Alibaba Taobao Marketplace dan Tmall.com, mendominasi sistem portal pengiriman Tiongkok.

Mengetahui hal tersebut, tidak salah jika orang-orang ingin seberuntung Jack Ma, termasuk saya dan berharap, “Siapa tahu suatu saat bisa bertemu dan menularkan keberhasilannya“.

Terkejut saya membaca pernyataan Jack Ma, bahwa ketika orang-orang mengagungkan namanya justru membuatnya sedih. Nama dan posisinya menjadi harapan bagi banyak orang.

Sebagaimana yang dilansir oleh jabar.tribunnews.com, Jack Ma tidak ingin orang lain mencoba dan meniru keberhasilannya. Daripada mengikuti langkahnya, orang-orang harusnya mencoba untuk menemukan jalan kesuksesan mereka sendiri.

Kita perlu tahu orang lain, tetapi yang lebih penting, kita perlu tahu tentang diri kita sendiri”. Jack Ma berpesan: “Jangan meniru siapa pun, jadilah dirimu sendiri, Itu sangat penting”.

Sumber : https://voffice.co.id/jakarta-virtual-office/business-tips/biografi-jack-ma-orang-terkaya-di-china-pendiri-alibaba-com/; https://www.biografiku.com/2014/09/biografi-jack-ma-orang-terkaya-di-china.html; https://jabar.tribunnews.com/2018/09/21/tercatat-daftar-orang-terkaya-di-dunia-jack-ma-justru-tak-ingin-orang-lain-seperti-dirinya-kenapa?page=all

Yuli Hapsari
Yuli S