Faktor Penentu Gaji Karyawan

https://kalinggasfachrie.blogspot.com

Baru-baru ini sedang viral postingan seorang fresh graduate yang mengaku lulusan Universitas Indonesia (UI) dan menolak gaji yang ditawarkan sebesar Rp 8.000.000,-.

Ia menyebutkan dirinya tidak pantas untuk disamakan dengan lulusan dari Universitas lain. Keluhan ini dicuit oleh akun @WidasSatyo di twitter dan langsung menjadi perbincangan ramai di media sosial.

Lantas apakah memang benar latar belakang universitas pelamar dapat dijadikan patokan untuk seseorang mendapatkan pekerjaan dengan gaji fantastis?

Baca Juga: PHK, Apa Yang Harus Di Lakukan?

Menurut Profesional SDM Future HR, Audi Lumbantoruan kepada kompas.com “Latar belakang kampus atau universitas pelamar tidak begitu berpengaruh pada besaran gajinya ketika diterima bekerja walaupun bisa dipertimbangkan sebagai salah satu pertimbangan, tapi tidak mutlak”.

Masalah gaji memang menjadi faktor penting yang mempengaruhi kinerja seorang karyawan dan adanya standar gaji sangatlah diperlukan agar perusahaan itu dapat mengatur masalah keuangan dengan lebih baik.

Standar gaji di Indonesia bergantung kepada beberapa hal dan sudah diatur dalam upah minimum, namun nilai upah minimum bukanlah angka mutlak yang akan selalu diterima karyawan itu.

Ada beberapa faktor kunci yang menentukan besaran gaji yang layak di terima:

  1. Lokasi

Lokasi karyawan bekerja turut mempengaruhi kisaran upah yang akan diterima. Wilayah-wilayah dengan aktivitas dan perusahaan industri yang tinggi biasanya memiliki standar gaji yang lebih besar dibanding wilayah lain yang aktivitas dan perusahaan industrinya rendah;

  1. Skala Perusahaan

Standar gaji di setiap perusahaan memang terkadang jauh berbeda. Perusahaan multinasional, perusahaan besar atau perusahaan “biasa-biasa saja” pasti mereka mempunyai standar gaji yang berbeda.

Untuk dapat diterma diterima bekerja di sebuah perusahaan bonafide dengan gaji fantastis bukan hanya sekedar mempunyai IP yang tinggi, namun juga harus mempunyai keahlian “ekstra” yang bagus.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Bisnis Forex

  1. Jenis Pekerjaan

Semakin sulit pekerjaan tentu harganya semakin mahal karena setiap pekerjaan mempunyai tanggung jawab dan beban kerja yang berbeda. Menyamakan standar gaji untuk semua jenis pekerjaan akan menyebabkan timbulnya konflik di dalam perusahaan itu.

Bagi pelamar fresh graduate sudah tentu gaji yang akan ditawarkan biasanya berbeda dengan pelamar yang sudah mempunyai “jam terbang” yang lebih tinggi. Apalagi jika pelamar fresh graduate itu tidak membekali dirinya dengan keahlian atau pun keterampilan yang istimewa.

Oleh karena itu asahlah terus keahlian atau keterampilan agar bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang diharapkan dan kembangkanlah diri sendiri karena hal tersebut sudah menjadi suatu kebutuhan yang mutlak.

Sumber : https://industri.kontan.co.id; https://pakarkinerja.com; https://www.duniakaryawan.com