Mengenal Lebih Jauh Sindrom Williams

Saat ini terdengar kabar anak kedua komedian Indonesia Dede Sunandar terkena Sindrom Williams. Penyakit itu termasuk jenis penyakit langka yang biasanya terjadi sekali diantara 7.500 hingga 20.000 kelahiran.

Anak-anak kecil dengan Sindrom Williams mempunyai fitur wajah khas seperti dahi yang lebar, hidung pendek dengan ujung yang luas, pipi penuh, dan mulut yang lebar. Tanda-tanda dan gejala tambahan Sindrom Williams mencakup kelainan jaringan ikat (jaringan yang mendukung sendi tubuh dan organ).

source : klikfarmasi.com

Sindrom Williams adalah gangguan perkembangan yang memengaruhi banyak bagian tubuh. Kondisi ini ditandai dengan kondisi cacat intelektual ringan hingga sedang, karakteristik kepribadian yang unik, fitur wajah khas, jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) yang bermasalah.

Dikutip dari laman William Syndrome Association, penyakit ini disebabkan oleh penghapusan spontan 26-28 gen pada kromosom 7. Penghapusan gen terjadi pada saat pembuahan, bisa pada sel telur atau sperma. 

Penderita Sindrom Williams biasanya jantungnya mengalami penyempitan pembuluh darah termasuk aorta dan arterinya, hingga anak yang terkena sindrom itu harus mengalami beberapa kali tindakan operasi.

Namun menariknya anak dengan Sindrom Wiliams mempunyai kecenderungan pintar bermain musik, bahkan musik dapat dijadikan terapi untuk meningkatkan kemampuan kognitif mereka.

Orang dengan Sindrom Williams ini merespons secara kuat terhadap sebuah lagu, mereka akan menangis jika mendengar lagu sedih dan akan gembira jika mendengar lagu ceria.

Bagi penderita Sindrom Williams ini tidak ada obatnya, namun melakukan beberapa terapi sangat dianjurkan, seperti terapi perkembangan dan berbicara dapat membantu anak penderita sindrom ini, juga terapi fisik sangat bermanfaat untuk membantu pasien dengan kekakuan sendi.

BACA JUGA : BUYTEKO BREATHING, APA ITU?

Sumber: http://klikfarmasi.com; https://www.klikdokter.com; https://www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 9 =