APA ITU GERNASBAKU ?

 

Dalam film-film luar negeri sering kita melihat, seorang ayah atau ibu yang membacakan cerita sebelum anaknya tidur, di Indonesia pun dahulu orangtua melakukannya dengan memberikan dongeng sebelum tidur, semoga saja sampai saat ini masih dilakukan.

Membacakan buku atau mendongeng kepada anak memiliki banyak manfaat, kontribusi ayah-ibu dalam membacakan buku atau mendongeng merupakan kebutuhan dalam pengasuhan yang dapat mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa sejak dini.

Kebiasaan orangtua membacakan buku pada anaknya, memberikan dampak pada anak untuk tumbuh kembang lebih baik dan dapat meningkatkan minat dan kebiasaan untuk membaca buku.

Hasil penelitian Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2015 terhadap kemampuan membaca siswa, menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan ke-6464 dari 72 negara. Ada pula survei BPS 2015, bahwa anak usia sekolah lebih suka nonton televisi sejumlah 91,47 % dan yang suka membaca hanya 13,11 %. Bagaimana kondisi sekarang dengan adanya gawai?

Pemerintah dalam hal ini Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ditjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Kemdikbud, dengan program Gerakan Nasional Orangtua membacakan buku (GERNASBAKU) menjadi salah satu solusinya.

Gernasbaku adalah gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga, dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan di masyarakat.

Adapun tujuannya membiasakan orangtua membaca buku bersama anak, dapat mempererat hubungan sosial emosi antara anak dan orangtua serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

Gernasbaku juga sebagai upaya mengalihkan perhatian anak-anak dan juga para orangtua dari kecanduan gawai yang lebih banyak berdampak negatif .

Gernasbaku melibatkan orangtua ketika anak berada di rumah, berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan langkah awal memahami kemampuan membaca anak seusia tahap perkembangannya.

Orangtua akan belajar bagaimana memahami teknik yang menarik minat anak untuk gemar membaca

Dengan membaca akan memperluas wawasan, meningkatkan daya pikir dan kemampuan seseorang dalam menemukan hal-hal baru yang berguna bagi kehidupan. Dengan membaca, masa depan anak akan mampu bertahan di tengan perkembangan zaman yang begitu cepat dan terus bersaing.

Banyak orang yang sukses diawali dengan kecintaan akan membaca, seperti Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno dan Wakil Presiden Drs. Mohammad Hatta.

BACA JUGA : PENTINGKAH MEMBACA?

Sumber:

http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/panduan-pelaksanaan-gerakan-nasional-orang-tua-membacakan-buku-gernas-baku/ https://news.detik.com/berita/d-4371993/benarkah-minat-baca-orang-indonesia-serendah-ini

Yuli Hapsari