Setujukah Ibu Kota dipindah?

 

https://saripedia.wordpress.com

Lokasi ibu kota Republik Indonesia yang baru, sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo yaitu berada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Rencananya akan dibangun akhir 2020 dan diharapkan dapat selesai pada akhir 2024.

Menurut ahli feng shui, Suhu Xiang Yi yang dilansir oleh news.detik.com, “Pindah ke Kalimantan Timur itu bagus karena posisinya masih di bawah garis ekuator”.

Dari pengamatan Xiang Yi, lokasi ibu kota mendatang Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara seperti dipeluk oleh naga di sisi kiri (Sandaran, Kutai Timur) dan macan di sisi barat (Kalimantan Selatan). Sedangkan di seberangnya terdapat Sulawesi. Jadi calon ibu kota di provinsi itu sangat terlindungi dan memang sudah ideal.

Dengan berpindahnya ibu kota ternyata berdampak pula pada para Aparatur Sipil Negara (ASN). Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin, pada nasional.kompas.com sekitar 800.000 ASN yang akan berpindah kantor apabila ibukota negara sudah resmi dipindahkan ke Kalimantan Timur.

Para ASN mau tidak mau harus ikut pindah juga karena kementerian dan lembaga tempat mereka bekerja juga akan ikut pindah.

Yang akan menduduki posisi-posisi baru itu tentunya ASN yang muda, terutama yang periode perekrutan 2017, 2018 dan 2019 yang siap mental, dan berwawasan cukup bagus.

Namun berita kepindahan itu menuai keresahan para ASN sendiri, baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum. Rata-rata mereka keberatan jika nanti harus ikut pindah ke ibu kota yang baru dengan berbagai macam alasan, di antaranya mereka sudah terlanjur merasa nyaman hidup di Jakarta, tidak bisa jauh dari keluarga karena tidak mungkin memboyong istrinya yang juga seorang wanita karier, khawatir dengan sarana dan prasarana di lingkungan yang baru nanti.

BACA JUGA : SIAPA ITU SUNAN KUNING?

Sumber : https://nasional.kompas.com; https://news.detik.com; https://economy.okezone.com

Ella Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 6 =