Pasar Hantu

 

Saat ini sering ditemui jalanan macet karena penjual yang menggelar dagangannya di tepi jalan, orang-orang menyebutnya bazar tetapi ada juga mengatakan pasar malam, karena diadakan pada malam hari.

Penyebutan pasar malam biasanya untuk kegiatan menyerupai karnaval, festival atau fair, tempatnya luas, seperti tanah lapang atau alun-alun kota. Penyelenggaraannya di malam hari dan waktunya berhari-hari. Selain menjual makanan dan minuman juga ada berbagai atraksi hiburan serta wahana permainan anak-anak seperti kereta api mini, korsel mini, permainan lempar bola, dan lainnya.

Jika melihat sejarahnya, sudah sejak ratusan tahun tradisi pasar malam dibawa ke nusantara oleh pedagang Tiongkok. Pada zaman Dinasti Sui (581-618) di Tiongkok Kuno, penyelenggaraan pasar malam pertama di kota Chang’an (ibu kota) yang diatur secara ketat oleh kekaisaran.

Pada zaman Dinasti Song (tahun 960-1279) diberikan keleluasaan, penyelenggaraannya sepanjang malam. Berbagai hiburan dihadirkan antara lain permainan akrobat, pendongeng, pemusik, dan pada masa itu berkembang kedai-kedai dan restoran.

source : photo pribadi

Di Kaifeng terdapat pasar malam yang berlangsung hingga pagi, mendapat sebutan “Pasar Hantu”, kemudian menyebar ke kota lainnya di Tiongkok dan terus menyebar hingga ke Nusantara.

Pada masa Hindia Belanda diselenggarakan pasar malam di Koningsplein, Batavia, yang kini berada di Lapangan Monas, Jakarta. Dikenal dengan nama Pasar Gambir, diadakan pertama kalinya tanggal 31 Agustus 1898 bertepatan hari ulang tahun Ratu Wilhelmina. Kemudian diselenggarakan setiap tahun, dibuka pada pukul 10.00 hingga 24.00, tercatat pada tahun 1906 jumlah pengunjungnya 75.000 orang.

Jakarta sejak tahun 1968 setiap tahun menyelenggarakan Pekan Raya Jakarta (PRJ) untuk memperingati hari jadi Kota Jakarta, walaupun namanya pekan namun berlangsung selama satu bulan. Demikian pula di kota-kota lainnya menggelar pekan raya dengan berbagai nama untuk memeriahkan hari jadi kotanya atau dalam memperingati hari kemerdekaan dan hari-hari besar lainnya.

BACA JUGA : ASAL MULA CELENGAN

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_malam_(Indonesia); https://id.wikipedia.org/wiki/Dinasti_Song; https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_Gambir

Yuli Hapsari