Weton mahluk apa itu?

 

source : https://pixabay.com

 

Belum lama ini tersiar kabar seseorang wanita batal menikah karena memiliki weton yang tidak cocok dengan pasangannya. Sebetulnya apa arti weton? Dalam istilah Jawa, weton bermakna hari kelahiran, sedangkan neptu adalah hasil penjumlahan nilai hari dan nilai pasaran.

Dahulu masyarakat Jawa masih mempercayai hitungan weton untuk menentukan berbagai hari baik dan buruk untuk memulai suatu acara besar seperti pernikahan, usaha, dan sebagainya. Biasanya jika hasil hitungan weton dari hari pasaran Jawa tidak menemukan kecocokan maka dilakukan ruwatan atau memilih hari pernikahan khusus yang diyakini bisa menolak sial yang akan datang dikemudian hari

Untuk mengetahui weton, berikut ini tabel lengkap nilai dari hari dan pasaran

source : rumushitung.com

Sedangkan untuk menghitung weton dan jumlah neptu, langkah-langkahnya adalah:

  1. Tentukan nilai (neptu) hari kelahiran dan hari pasaran Jawa kedua calon mempelai

Misalkan, calon mempelai wanita lahir di hari Kamis dengan pasaran pon, disebut memiliki weton Kamis Pon, maka neptu weton Jawa sebesar 15. Sedangkan calon mempelai pria lahir pada hari Minggu dengan pasaran pon, disebut memiliki weton Minggu Pon, maka neptu weton Jawanya sebesar 12

  1. Jumlahkan neptu kedua calon mempelai

Weton Kamis Pon = 15

Weton Minggu Pon = 12

Jumlah weton    = 27

  1. Hasil dari penjumlahan weton
source : http://blog.tribunjualbeli.com

Berikut penjelasan dari hasil jumlah weton

  1. Pegat: Dalam bahasa Jawa artinya bercerai. Pasangan ini kemungkinan akan sering menghadapi masalah ekonomi, perselingkuhan, dan kekuasaan yang bisa menyebabkan perceraian.
  2. Ratu: bisa dikatakan pasangan ini berjodoh dan cocok, sangat dihargai dan disegani oleh lingkungan sekitar.
  3. Jodoh: Pasangan ini memang ditakdirkan berjodoh, bisa saling menerima segala kekurangan maupun kelebihan masing-masing dan rumah tangga mereka dapat harmonis sampai tua.
  4. Topo: diartikan dalam bahasa Jawa adalah bertingkat. Pasangan ini diawal-awal berumah tangga akan mengalami kesusahan, bisa dari masalah ekonomi maupun lainnya namun akhirnya akan bahagia setelah mempunyai anak dan cukup lama berumah tangga.
  5. Tinari: pasangan ini tidak akan hidup kekurangan dan hidupnya akan diliputi keberuntungan. Ditakdirkan akan mendapatkan kebahagiaan juga kemudahan dalam mencari rezeki.
  6. Padu: dalam bahasa Jawa artinya pertengkaran. Rumah tangga pasangan ini akan sering mengalami pertengkaran namun tidak akan sampai bercerai.
  7. Sujanan: di dalam rumah tangga pasangan ini akan selalu timbul masalah perselingkuhan dan percekcokan, baik dari pihak suami maupun istri.
  8. Pesthi: rumah tangga ini akan berjalan dengan rukun, tenteram sejahtera sampai tua, sedikit ada masalah namun tidak akan mengganggu keharmonisan.

Uraian diatas semuanya adalah perhitungan manusia, benar atau tidaknya tergantung bagaimana kita menyikapinya, dan yang paling penting kembalikan semuanya kepada Sang Pencipta

BACA JUGA : MENGENAL LEBIH DEKAT GEN HALILINTAR

Sumber: https://www.dakwah.id; https://ngertiaja.com

Ella Irawan