Batik Truntum Punya Makna Kasih Sayang ?

 

Batik kaya akan motif dan sarat makna, salah satunya di Surakarta Jawa Tengah. Motif Truntum memiliki makna kasih sayang dan kesetiaan, seringkali dikenakan orang tua pengantin di saat menikahkan putra-putrinya. Harapannya agar cinta kasih yang tumaruntum (semakin lama semakin subur berkembang) akan merasuk kepada kedua mempelai.

Motif Truntum

Batik motif Truntum diciptakan oleh Gusti Kanjeng Ratu (G.K.R.) Kencono, permaisuri Sunan Paku Buwana III dari Surakarta, sekitar tahun 1749-1788 M. Ketika itu G.K.R. Kencono merasa diabaikan oleh suaminya, karena beralihnya perhatian raja kepada istri lainnya.

Pada suatu malam, G.K.R. Kencono menenangkan diri, melihat langit bertaburan bintang, berkelip-kelip menenangkan hati. Pada saat itu pula tercium aroma harum bunga Tanjung, berjatuhan di sekitarnya, diambilnya bunga tersebut, dan diamati bentuknya. Tersirat dalam pikirannya untuk mengabadikannya sebagai motif batik, dengan dasar warna gelap malam.

Kemudian dengan tekun G.K.R. Kencono mulai membatik, setiap hari menorehkan malam melalui cantingnya pada kain, dengan perasaan kasih sayang dalam bentuk motif tanpa nama.

Tidak lama berselang, Sunan Paku Buwana III, melihat permaisurinya sedang membatik, dari hari ke hari beliau memperhatikan motif batik yang sedang dikerjakan. Sampai akhirnya batik itu selesai, menjadi kain yang sangat indah, membuat hati suaminya menjadi luluh. Motif batik tersebut diberi nama Truntum, yang menggambarkan cinta sang raja yang bersemi kembali.

G.K.R. Kencono, dikenal dengan sebutan Ratu Beruk. Penyebutan nama tersebut berkaitan dengan beruk yaitu alat takaran beras dari batok kelapa. Beruk tersebut diisi beras oleh G.K.R. Kencono untuk diberikan kepada para kawulanya yang saat itu kesulitan pangan karena gagal panen. Ratu yang welas asih kepada kawulanya, kemudian dikenal dengan sebutan Ratu Beruk.

BACA JUGA : GALAU? TOKOH DUNIA PUN PERNAH..

Sumber: https://www.panjebarsemangat.co.id/berita-2780-ratu-beruk-garwa-padmi-pb-iii-kang-nyipta-motif-bathik-truntum.html; https://lifestyle.okezone.com/read/2018/02/14/194/1859308/mengenal-batik-truntum-yang-melambangkan-makna-cinta-dan-kesetiaan

Yuli Hapsari