Kalian Tim Nasi Putih atau Nasi Merah ?

Banyak orang beranggapan dengan mengonsumsi nasi merah sama artinya dengan menerapkan pola hidup sehat sehingga menjadikannya sebagai salah satu alternatif bahan pangan utama pengganti nasi putih.

Sebenarnya apa perbedaan nasi merah dengan nasi putih?

  1. Seratnya lebih tinggi

Beras merah diproduksi tanpa pembuangan kulit sehingga dianggap sebagai salah satu beras yang paling bernutrisi dan mengandung 3,5 gram serat sedangkan nasi putih mengandung 0,6 gram serat.

  1. Mineralnya Lebih Banyak

Beras merah mempunyai kandungan 86 mg magnesium sedangkan beras putih hanya mengandung 24 mg magnesium. Magnesium sangat penting untuk menjaga fungsi imunitas, jantung dan syaraf

  1. Mengandung Vitamin Lebih Banyak

Dalam satu porsi beras merah mengandung 0.2 mg thiamine, 2.6 mg niacin, dan 0.3 mg vitamin B6. Ada beberapa beras putih yang kini ditambahkan vitamin B karena hilang pada masa pengolahannya. Vitamin B sendiri berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

  1. Baik untuk Mengontrol Gula Darah

Beras merah memiliki indeks glikemik 55 sedangkan beras putih memiliki indeks glikemik 86. Indeks glikemik adalah kemampuan suatu makanan untuk meningkatkan kadar gula di dalam darah. Indeks glikemik yang rendah mengindikasikan makanan tersebut lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Berkat kandungan beras merah yang memiliki kalori lebih rendah dibandingkan beras putih maka dapat membuat kita lebih cepat kenyang, sehingga dapat menyebabkan berat badan kita turun, namun yang pelu diingat selain harus membatasi kalori yang masuk kedalam tubuh juga kita pun harus membakar kalori lebih banyak dengan melakukan pola hidup aktif dan olah raga yang teratur

BACA JUGA : BATIK TRUNTUM PUNYA MAKNA KASIH SAYANG?

Sumber: Klikdokter.com; https://hellosehat.com

Ella Irawan