Depresi Terelubung

 

source : https://myelephantworld.wordpress.com

Kehidupan masyarakat khususnya di perkotaan yang selalu dihadapkan dengan beban kerja bertumpuk juga tuntutan waktu yang harus serba cepat, tidak jarang menyebabkan stres pada sebagian orang.

Perasaan tertekan, rendah diri, dan juga putus asa dapat datang dengan mudahnya. Jika hal itu berlangsung terus menerus maka dapat menimbulkan keadaan depresi, salah satunya adalah “Depresi Terselubung”.

Depresi Terselubung” merupakan perasaan tertekan dalam diri seseorang yang secara keseluruhan terlihat normal. Biasanya tidak menunjukkan kelainan jiwa, namun terkadang menunjukkan gejala perilaku depresif.

Gejala yang terlihat samar yang menyebabkan depresi ini disebut sebagai “Depresi Terselubung”.

Hal itu menyebabkan terkadang sulit untuk mendiagnosis depresi, tapi jika kita jeli sebenarnya kita pun dapat mengenali tanda-tandanya.

Tanda-tanda yang paling umum:

  • Suasana hati yang tidak menentu
  • Tidak nafsu makan dan sulit tidur
  • Selalu diliputi perasaan cemas, bahkan untuk hal-hal yang sepele sekali pun
  • Mersa sedih dan marah terus menerus tanpa alasan yang jelas
  • Mudah lelah
  • Merasa putus asa

Sebagian orang dapat menyembunyikan gejala-gejala depresi yang menghinggapi diri mereka sendiri. Mereka diibaratkan menggunakan “Topeng” dengan menunjukkan ekspresi yang selalu ceria, sehingga mereka tetap dapat beraktifitas seperti biasa. “Topeng” itu akan terlepas ketika orang yang bersangkutan sedang dalam kesendirian.

Untuk mengatasi permasalahan itu cobalah perdalam aspek spiritual, melakukan olahraga, tidur yang cukup, penuhi kebutuhan gizi, dan mulailah membuka diri.

BACA JUGA : BAGAIMANA BILA TERKENA GAS AIR MATA

Sumber: https://www.honestdocs.id; https://hellosehat.com

Ella Irawan