Sejarah Kertas

 

Di zaman yang semakin maju, keperluan akan kertas mulai berkurang, namun pada hal tertentu, kertas belum tergantikan. Seperti surat kabar, majalah, novel, atau surat cinta. Menurut banyak orang, membaca dalam helaian kertas mempunyai sensasi tersendiri.

Ts’ai Lun. Sumber: wikipedia

 

Kertas ditemukan tahun 105 M oleh Ts’ai Lun (Cai Lun), nama lengkapnya Cai Jungzhon. Sebelumnya di Tiongkok, penulisan pada bambu dan kain sutra yang disebut Chih.

Ts’ai Lun seorang kasim pengadilan di masa Kaisar He dari Dinasti Han Timur. Ia mendapat tugas dari kaisar untuk memproses dokumen di rumahnya. Ts’ai Lun membawa setumpuk dokumen yang terukir dalam potongan bambu dengan gerobak yang ditarik kerbau.

Dalam perjalanan kerbau tergelincir, dokumen jatuh, sehingga untuk melanjutkan perjalanan harus mencari kerbau lainnya. Ia berfikir dokumen yang tertulis di bambu sangat berat, sedangkan dari kain sutra sangat mahal.

Timbul ide untuk membuat sesuatu yang lebih praktis dalam menulis, ketika ia melihat tangkai rami dalam perjalanan tersebut.

Kemudian ia mulai melakukan percobaan, dikumpulkan rami, kulit kayu, kepompong sutra, jaring ikan, dan kain, untuk diproses menjadi sesuatu yang bisa untuk ditulisi. Ia berhasil menemukan komposisi kertas dan proses pembuatannya pada tahun 105 M. Kaisar sangat gembira dan memerintahkan penggunaan kertas sebagai bahan penulisan.

Ts’ai Lun diakui dunia sebagai penemu kertas, dalam buku The 100- a Ranking of the most Influential Persons in History oleh Michael H.Hart, T’sai Lung menduduki peringkat ke-7 sebagai tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah berkat penemuannya. Peringkatnya berada diatas Gutenberg, Einstein, Pasteur, Galileo dan Aristoteles.

Sejak saat itu kertas digunakan di seluruh dunia, secara universal yang disebut Marquis Tshai.

BACA JUGA : DEPRESI TERSELUBUNG

Sumber:  https://www.brilio.net/video/discover/inilah-sejarah-terciptanya-buku-160826s.html; https://techno.okezone.com/read/2017/12/31/56/1838079/mengintip-kisah-cai-lun-sang-penemu-kertas; https://www.penemu.co/penemu-kertas-cai-lun-tsai-lun/; https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Cai-lun.jpg

Yuli Hapsari