MENGENAL LENSA KACAMATA

 

Mata adalah organ penglihatan, melalui mata dapat diperoleh informasi dalam kehidupan manusia. Kemampuan melihat akan menurun, seiring bertambah usia, atau perlakuan mata yang buruk atau hal lainnya. Salah satu solusinya dengan kacamata atau lensa kontak, yang membantu penglihatan.

Secara umum kacamata memiliki komponen Frame/ bingkai dan lensa. Ada empat macam lensa, yaitu:

Lensa Tunggal, untuk memperbaiki penglihatan satu ukuran saja yaitu jarak jauh atau jarak dekat saja;

Lensa Bifokal, untuk membantu penglihatan jarak dekat dan jarak jauh lebih jelas secara bersamaan;

Lensa Progresif disebut juga lensa trifokal, tidak ada garis pembatas pada titik fokus untuk melihat jarak jauh dan titik fokus untuk melihat jarak dekat;

Lensa Transisi, memiliki keunikan, bisa berubah warna. Di dalam ruangan kacamata akan terlihat bening seperti kacamata baca, namun di luar ruangan akan menjadi gelap seperti sun glasses.

Bahan lensa kacamata berbeda-beda di antaranya dari kaca namun berat dan mudah pecah. Dari plastik dibuat sejak tahun 1947 oleh ArmorLite Lens Company di California. Lensa plastik ringan pertama dari polimer plastik disebut CR-39 singkatan Columbia Resin 39, populer hingga kini.

Dari Policarbonat, pada awal tahun 1970-an oleh Gentex Corporation untuk kacamata keselamatan. Bahannya ringan, tahan benturan, untuk kaca mata anak-anak, kacamata keselamatan dan olah raga.

Di atas tahun 2000-an, Lensa Trivex (PPG Industries) seperti polikarbonat namun unggul dalam koreksi penglihatan yang lebih tinggi. Ada pula High index plastic lens, lensa lebih tipis, lebih ringan dari CR-39, memiliki indeks bias lebih tinggi dan juga berat jenis yang lebih rendah.

Kontak Lensa, yaitu lensa yang diletakkan langsung pada kornea mata, fungsinya seperti kacamata, lebih ringan, tidak tampak saat dipakai. Tersedia warna beda dari aslinya untuk mengubah penampilan.

Sejak kapan lensa kacamata ditemukan?

Ide tentang kacamata sudah ada sejak lama, Kaisar Nero dari Roma tahun 54-68 M menggunakan batu Zamrud ketika menyaksikan pertandingan gladiator, walaupun belum diketahui apakah kaisar memiliki masalah penglihatan atau karena silau sinar matahari.

Ibn Al – Haytham ; source : historyofislam.com

Ibn al-Haytham, astronom Irak ( 965-1040 M), mempelajari lensa. Ia menemukan, jika obyek visual yang dilihat melalui pembiasan cahaya yang melintasi material tebal seperti air dan kaca akan lebih besar dari ukuran sebenarnya. Tahun 1027 dalam Kitab al-Manazir atau Buku Optik yang ditulisnya, ia menyarankan kaca yang dihaluskan dapat membantu penderita gangguan penglihatan.

Di Eropa pada dinding gereja di Treviso, terdapat lukisan, karya Tommaso ad Modena, tahun 1352, di mana Kardinal Hugh of St.Cher dilukiskan menggunakan kacamata, Ini merupakan representasi gambar kacamata tertua yang diketahui. Pada masa itu lensa terbuat dari mineral Beryl.

Tahun 1784 Benjamin Franklin, ilmuwan Amerika menciptakan kacamata Bifokal, ada dua bagian lensa untuk melihat jarak jauh dan untuk membaca, bagi penderita presbiopia, yang saat itu dideritanya.

sourec : www.modemuze.nl

Mengenai lensa kontak, dalam catatan Leonardo da Vinci pada tahun 1508, ditemukan sketsa kacamata yang dipakai pada bola mata.

Cikal bakal lensa kontak dibuat oleh Adolf Fick, dengan bahan dasar glass-blown. Ia melakukan uji coba pada kelinci, kemudian pada dirinya dan kepada sukarelawan.

Adolf Fick ; Source : wikipedia.com

Pada tahun 1935 lensa kontak yang diberi nama Adolf Gaston Eugen Fick terjual lebih dari 10.000 pasang di Amerika Serikat.

Otto WItcherle ; Source : revolvy.com

Pada tahun 1960 lensa kontak dibuat dari Hydrogel, ditemukan ahli kimia Ceko bernama Otto Wichterle dan Drahoslav Lim. Dipublikasi dalam Journal Nature dengan nama Hydrophilic Gels For Biological Use.

Drahoslav Lim ; Source : alchetron.com

BACA JUGA : PUISI PENYEMBUH LUKA HATI

Sumber: https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1784866/tanda-tanda-orang-harus-pakai-kacamata; https://historia.id/asal-usul/articles/awal-mula-kacamata-P3qw7; https://www.4muda.com/jenis-lensa-kacamata-yang-cocok-dan-terbaik-sesuai-kebutuhan/;  https://id.wikipedia.org/wiki/Lensa_kontak

Yuli Hapsari