Ada Apa Dengan Warna Merah?

 

source : pexels.com

Mungkin pernah terlintas dalam pikiran kamu, mengapa warna merah sering dipakai sebagai warna di logo maupun rumah makan cepat saji, seperti KFC, McDonald, hingga Pizza Hut, walaupun dikombinasi dengan warna lainnya namun tetap saja warna merah yang mendominasi.

source : californiadingo.com

Warna bisa juga memberikan pengaruh terhadap manusia, baik secara psikologi maupun emosi, bahkan warna bisa menjadi sebuah bentuk komunikasi non verbal untuk mengungkapkan suatu pesan.

Ada suatu metode terapi yang disebut dengan nama colourology, metode yang berasal dari kebudayaan kuno di Mesir dan Tiongkok ini menjelaskan bahwa setiap mata yang dimiliki oleh manusia dapat menangkap tujuh juta warna yang berbeda. Masing-masing warna tersebut dapat mempengaruhi psikologis manusia.

Menurut psikologi warna, warna merupakan aspek yang sangat melekat dengan dunia desain, termasuk juga dalam hal pembuatan logo.

Merah merupakan warna yang paling menarik perhatian. Karakter dari warna ini dapat merangsang syaraf bagi siapa pun yang melihatnya, sehingga warna merah dapat membangkitkan emosi dan juga membuat hati menjadi riang gembira. Dampak bagi psikologis, warna merah adalah berani, seksi, juga panas, namun jika terlalu lama terekspos warna merah, dapat membuat kecemasan dan ketidak nyamanan, juga rasa marah.

Warna merah, kuning, dan coklat disebut juga sebagai warna panas karena mampu merangsang dan membangkitkan selera makan kita, juga dapat memberikan efek llusi yaitu membuat obyek seakan-akan dekat dengan mata.

BACA JUGA : ISTILAH MEGALOMANIA, APA ITU ?

Sumber: https://kreativv.com; https://www.eyerys.com; http://desainlogodesign.com;

Ella Irawan