Cikal Bakal Kristal

 

Kristal berbentuk geometri tertentu jika terkena sinar nampak berkilau. Kata kristal dari bahasa Yunani Crystallon yang berarti tetesan yang dingin dan beku. Menurut Djauhari Noor, kristal sebagai mineral yang memiliki sifat dan bentuk tertentu dalam keadaan padatnya, sebagai perwujudan dari susunan yang teratur di dalamnya.

Pembentukan kristal melalui beberapa proses yang akan mempengaruhi sifat-sifat kristal tersebut. Fase-fase pembentukan kristal yang umum terjadi:

fase cair ke padat, pada fase ini cairan atau lelehan dasar pembentuk kristal akan membeku dan membentuk kristal, biasanya karena adanya perubahan suhu lingkungan;

fase gas ke padat (sublimasi) kristal langsung terbentuk dari uap tanpa melalui fase cair, hasilnya biasanya kristal berukuran kecil;

fase padat ke padat, pada fase ini mengubah kristal yang sebelumnya sudah terbentuk karena tekanan dan temperatur berubah bentuk secara signifikan, namun komposisi dan unsur kimia tetap.

Berbagai bentuk kristal dapat ditemukan di alam, bentuknya bergantung pada jenis ikatan molekuler antara atom-atom untuk menentukan strukturnya dan keadaan terciptanya kristal tersebut. Contoh kristal yaitu: intan, garam dapur, dan bunga salju.

Beberapa bentuk kristal yang dianggap mempunyai kekuatan gaib:

BOLA KRISTAL,

Bola kristal dipercaya dapat digunakan untuk meramal masa depan, cara ini digunakan oleh orang elit Celtic di Inggris dan Perancis pada Zaman Perunggu. Bola kristal dianggap bisa mengusir hal jahat karena hubungannya dengan penyihir Merlin dalam legenda Raja Arthur.

 

source : doc. pribadi

Kristal berbentuk bola, bukan asli dari alam namun dibentuk, dipoles menjadi berbentuk bola.

Bola kristal kuarsa terbesar di dunia berada di Smithsonian Institution di Washington DC,  beratnya 148,42 kg, diameternya 32,7 cm. Bola raksasa tersebut dipotong dan di poles pada tahun 1800-an di Tiongkok; diperkirakan mineralnya ditambang di Burma.

TENGKORAK KRISTAL.

Pada tahun 1924, penjelajah Inggris Frederick Mitchell-hedges menemukan sebuah tengkorak kristal transparan di reruntuhan kuil berbentuk piramida di Kota Maya. Legenda asli Amerika menyebutkan adanya 13 tengkorak manusia dari kristal yang dapat berbicara dan menyanyi. Pada suatu hari kelak, ketika manusia mengalami krisis besar, ke-13 tengkorak akan ditemukan dan dikumpulkan lagi dan memberi pengetahuan dan informasi kepada manusia.

Sampai saat ini telah ditemukan enam tengkorak lainnya yang disimpan di museum ternama dunia.

Film Indiana Jones The Kingdom of the Crystal Skull dibuat berdasarkan legenda tersebut.

PIRAMIDA KRISTAL.

Pada tahun 2012 beredar berita seorang ilmuwan bernama Dr. Meyer Verlag, menemukan adanya piramida kristal berukuran tiga kali lebih besar dari Piramida di Giza, Mesir; letaknya di kedalaman laut di Segitiga Bermuda. Verlag mempresentasikan temuannya dalam konferensi pers di Bahama dengan mengungkap koordinat piramida.

Namun belum ada bukti yang dapat ditunjukkan, Verlag meyakini jika ada penyelidikan lebih lanjut di pusat piramida dapat mengungkap banyak informasi terkait dengan segitiga Bermuda.

BACA JUGA : BAHAYA MINYAK JELANTAH

Sumber: https://brainly.co.id/tugas/849055;  http://globevengobel.blogspot.com/2015/02/defiinisi-kristalografi-yang-lengkap.html; https://www.liputan6.com/global/read/2623344/piramida-kristal-di-dasar-laut-picu-kutukan-segitiga-bermuda; https://lifestyle.okezone.com/read/2019/03/19/196/2032225/mitos-hingga-ramalan-terlarang-ini-5-fakta-tentang-bola-kristal; http://www.enigmablogger.com/2009/04/misteri-tengkorak-kristal.html

Yuli Hapsari