Hormon Cinta

 

https://www.laksani.com

Tahukah kamu jika ada sebuah hormon yang diproduksi oleh tubuh kita sendiri yang dapat membuat dunia terasa menjadi lebih indah seperti saat sedang jatuh cinta? Hormon itu bernama Oksitosin atau yang sering juga disebut hormon cinta.

Hormon cinta atau hormon oksitosin adalah hormon yang berperan dalam sistem reproduksi, menyusui, interaksi sosial, serta perilaku seseorang. Hormon oksitosin ini berada di dalam otak, tepatnya di bagian hipotolamus dan dihasilkan oleh kelenjar pituitari yang ada di dasar otak.

Selain itu kelenjar pituitari ini dapat juga meningkatkan rangsangan seksual sehingga kita akan merasa dekat dengan pasangan saat berhubungan intim

Seorang wanita bisa melupakan rasa sakit usai melahirkan dan bisa mempunyai perasaan bahagia ketika melihat bayinya; itu adalah salah satu peran dari hormon oksitosin yang bekerja dengan baik, walaupun tidak sedikit juga wanita yang mengalami trauma sesudah melahirkan yang disebabkan karena hormon oksitosin yang tidak bekerja dengan baik.

Tubuh seorang wanita akan berhenti memproduksi hormon tersebut jika ia mengingat atau mengalami kenangan buruk, walaupun demikian hormon oksitosin tetap dapat membantu seorang wanita untuk mengubur kenangan buruk itu.

Bagaimana caranya agar hormon oksitosin ini dapat meningkat? Mudah sekali, salah satunya dengan cara “BERPELUKAN”.

Sebuah penelitian mengatakan aktivitas berpelukan dapat memancing pelepasan hormon oksitosin secara alami, baik itu berpelukan dengan anak, pasangan, atau siapa pun.

Setiap harinya kita memerlukan 4 kali pelukan untuk sehat, 12 kali pelukan untuk awet muda dan bahagia. Saat berpelukan hormon oksitosin dapat memberikan rasa damai, cinta, dan membuat jantung serta pikiran kita sehat

Sumber: DR. Rohimi Zamzam,S.PSI,SH,M.PD,PSIKOLOG

BACA JUGA : KUE WAFER DARI ABAD KE – 7

https://hellosehat.com; https://doktersehat.com; https://www.fimela.com

Ella Irawan