WASPADA FLOATERS DI MATA ANDA!

source : bing.com

Pernah mengalami tiba-tiba melihat bayangan seperti titik air, bintik hitam atau  benang ketika kita menggerakkan mata? Mungkin kala itu yang terlintas dalam pikiran kita, bintik-bintik itu adalah debu yang tak sengaja tertangkap mata.

Ternyata keadaan seperti itu disebut dengan eye floaters. Tidak menimbulkan rasa sakit memang tetapi cukup mengganggu penglihatan kita.

Eye Floaters adalah sesuatu yang bergerak di dalam mata, lebih terlihat di saat kita melihat sesuatu yang cerah, seperti langit biru atau kertas putih dan akan menjauh di saat kita mencoba fokus terhadap floaters tersebut.

Tanda dan gejala dari eye floaters itu adalah bentuk kecil yang dalam penglihatan kita tampak seperti bintik-bintik gelap atau pun menonjol, bintik-bintik akan bergerak ketika kita menggerakkan mata bahkan floaters tersebut dapat bergerak cepat keluar dari bidang penglihatan kita.

Eye Floaters dapat disebabkan karena beberapa hal, di antaranya:

  • Perdarahan pada mata yang bisa disebabkan karena kerusakkan pembuluh darah
  • Infeksi pada bagian belakang mata .
  • Perubahan usia, biasanya diantara usia 50 – 75 tahun.
  • Hilangnya penglihatan

Apabila Eye Floaters terasa cukup mengganggu, cobalah mengeluarkannya dengan cara menggerakkan mata ke atas dan ke bawah, hal ini dapat menggeser cairan pada mata kita.

Namun jika terasa masih juga mengganggu, seperti jumlah floaters meningkat secara mendadak, melihat kilatan cahaya yang artinya adalah tanda lepasnya atau robeknya retina, atau mata terasa nyeri; maka disarankan untuk segera memeriksaka diri ke dokter

BACA JUGA : HORMON CINTA

Sumber : https://www.alodokter.com; https://hellosehat.com; https://www.honestdocs.id/

Ella Irawan