5 hal yang harus diperhatikan pasca banjir

 

source : googleimage.com

Banjir melanda Jakarta di awal tahun 2020, padahal harapan – harapan baik baru saja di serukan dalam hati oleh semua orang, tapi kenyataan berkata lain, Musibah banjir yang dialami sebagian warga JADETABEK, bisa dibilang menyusahkan dan hampir semua warga yang berada di titik2 banjir terkena pemadaman listrik, hal ini dilakukan oleh PLN untuk menjaga hal – hal yang tidak diinginkan.

Banjir pasti berlalu, semua pejabat daerah dan khususnya seluruh lapisan masyarakat saling membantu dan berjuang untuk bisa lepas dari musibah ini, bahkan banjir kali ini bisa dibilang yang terbesar dari banjir – banjir yang sebelumnya, dikarenakan banyak warga yang merasakan banjir padahal sebelumnya tidak pernah terkena sama sekali.

Warga yang sudah terlepas dari banjir sudah bisa bernafas lega, walau belum sepenuhnya plong, karena pekerjaan recovery atau bisa disebut pemulihan atas musibah ini sangatlah melelahkan dan diperlukan kehati-hatian untuk melakukannya, jika tidak memperhatikan aspek kesehatan maka akan terasa amat berat.

Setelah kami lihat ada beberapa hal yang diperhatikan dengan seksama untuk kegiatan pemulihan pasca banjir ini diantaranya :

Yang pertama, harus benar – benar dipastikan bahwa hujan sudah reda, dan air menunjukan tanda – tanda penurunan ketinggian. Hal ini juga baiknya terus menjaga mata dan telinga atas informasi situasi terkini di berita yang bersumber darimana saja,tetapi tetap bisa dipastikan kebenarannya, berita tersebut bisa dari info orang – orang sekitar, ketua RT / RW atau bisa juga mencari informasi melalui sosial media, hal ini dilakukan untuk mengatasi apabila terdapat banjir yang tidak disebabkan oleh hujan yaitu banjir kiriman melaui sungai sekitar.

Berikutnya Kedua,persiapkan peralatan yang mumpuni untuk melindungi kita dari segala hal yang tidak diinginkan, seperti sepatu boot, sarung tangan, dan masker. Masker walau terlihat sepele tetapi sangat penting, karena udara mudah sekali tercemar virus pada saat musibah banjir. 

Selanjutnya yang ketiga, jika rumah kalian belum ada pemutusan listrik dari pihak PLN maka baiknya langsung padamkan listrik dari kontak utama, yaitu bisa dengan menurunkan sekring pusat. Karena banyak sekali kejadian sebelumnya yang nyawanya terenggut, dikarenakan air merupakan pengantar yang terlalu mudah dilalui untuk listrik.

Kemudian keempat, usahakan ventilasi rumah yang berada di semua sisi rumah dibuka, agar terjadi sirkulasi udara, hal ini membantu hunian yang kamu miliki terbebas dari bau lembab dan mencegah timbulnya jamur di area yang terkena banjir. Sinar matahari juga usahakan menyinari bagian dalam ruangan karena hal ini bisa membantu untuk membuat udara menjadi bersih.

Source : elvis sendouw / satuharapan.com

Yang terakhir yaitu kelima, makanan yang ada didalam rumah terutama yang terkena rendaman air, langsung saja dibuang, jika dibiarkan berlama – lama didalam ruangan maka makanan tersebut akan menimbulkan aroma yang tidak enak karena sudah terkontaminasi kuman – kuman penyakit. Tidak hanya makanan, barang – barang lainnya yang sudah terendam juga segera dikeluarkan dan di jemur sehingga kering seperti semula, setelah ruangan leluasa langsung bersihkan lantai dari lumpur dengan peralatan yang berbahan karet agar bisa terangkat semua kotorannya.

Source : poskota.com

Yuk perhatikan dan pelajari dengan seksama, jangan lupa bagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat ke kerabat dan kenalan kalian, jangan pernah menyalahkan siapapun ya jika terkena musibah.

BACA JUGA : MANFAAT TIMUN SURI BAGI KESEHATAN

Sumber : dompetdhuafa.org, poskota.com, satuharapan.com, tirto.id

TehIjo