Arti Warna Urine

 

Source :honestdocs.id

Pernah tidak ketika kamu buang air kecil ternyata urine (air seni) kamu warnanya tidak seperti biasa ? yang tadinya bening ternyata sekarang menjadi kemerahan. Bisa jadi saat itu kamu langsung panik sambil bertanya-tanya, apa yang terjadi dengan tubuh saya?

Dibawah ini ada warna-warna urine dan artinya bagi kesehatan yang harus kamu ketahui :

  1. Kuning, kuning pucat dan Bening

Warna terbaik dari semua diatas adalah bening, yang artinya tubuh kita terhidritasi dengan baik walaupun warna kuning pucat dan kuning masih menunjukkan kondisi normal. Warna urine yang semakin terang menunjukkan tubuh kita semakin sehat.

  1. Coklat

Coba atasi dengan banyak mengkonsumsi air putih karena dehidrasi yang tidak segera diatasi akan semakin memperburuk keadaan namun jika tidak ada perubahan segera konsultasikan kepada dokter karena warna coklat pada urine bisa memberikan petunjuk jika kamu berpotensi menderita penyakit liver.

Urine yang berwarna coklat bisa juga dikarenakan kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan seperti obat malaria ataupun obat pencahar.

  1. Oranye

Masalah yang terdapat pada saluran empedu, dapat juga membuat urine berwarna oranye. Urine yang berwarna oranye menandakan kondisi tubuh kamu lebih buruk dari warna urine coklat. Namun tidak jarang warna oranye ini dipengaruhi oleh obat kemoterapi juga vitamin C dosis tinggi

  1. Biru atau Hijau

Jika urine berwarna seperti itu bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti disebabkan oleh pewarna makanan, juga bisa disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap obat-obatan yang tengah dikonsumsi. Selain itu bisa juga dikarenakan adanya infeksi yang terdapat disaluran kemih, walaupun kondisi ini jarang terjadi.

  1. Kemerahan

Jika urine berwarna kemerahan, mungkin karena kamu baru saja mengkonsumsi buah naga ataupun makanan lain yang menggunakan pewarna merah pekat, namun bisa juga karena campuran darah dari dalam tubuh mungkin ada masalah pada prostat, ginjal atau kamu sedang mengalami infeksi

BACA JUGA : BAPAK GIZI INDONESIA

Sumber : https://www.okadoc.id/penyakit-a-z; https://www.honestdocs.id; https://www.blogdokter.net