Musuh Bebuyutan?

 

Anjing dikenal dengan kesetiaan dan pengabdian kepada pemiliknya, anjing lebih mudah dilatih diajak bermain dan bersosialisasi dengan manusia. Sedangkan Kucing salah satu hewan manis  peliharaan terpopuler di dunia. Keduanya hewan peliharaan namun entah mengapa selalu digambarkan sebagai musuh bebuyutan.  

Pada tahun 1993 anjing ditetapkan sebagai subspecies serigala abu-abu oleh Lembaga Smithsonian dan Asosiasi Ahli Mamalia Amerika.  Sebagian besar anjing masih memiliki ciri-ciri fisik yang diturunkan serigala,namun  melalui penangkaran secara selektif telah berhasil mengubah bentuk fisik berbagai jenis anjing ras. Kecerdasan anjing  berbeda-beda, anjing ras Border Collie terkenal dapat mematuhi dan menjalankan berbagai perintah manusia sementara anjing lainnya menunjukkan kepintaran seperti  menggembalakan ternak atau sebagai penuntun tuna netra.

dok. pribadi

Bagaimana dengan Kucing ?

Kucing  atau kucing rumah telah berbaur dengan kehidupan manusia sejak lama, dapat diketahui dari penemuan  para arkeolog  pada tahun 2004 di  Siprus dekat Turki, adanya kerangka  orang yang dikubur bersama seekor kucing yang berusia 9500 tahun.

Kucing yang garis keturunannya tercatat resmi sebagai kucing trah adalah Persia, Siam, manx dan sphinx ,biasanya dikembang biakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi.

Jumlah kucing ras 1 % dari seluruh kucing  di dunia, sisanya kucing  keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing yang sering datang ke rumah tanpa diketahui pemiliknya.  

Mengapa anjing dan kucing sering bertengkar ?

Bisa saja karena perilaku keduanya berbeda, anjing ingin mendekati kucing dengan mengibaskan ekornya, namun bagi kucing mengibaskan ekor berarti menantang untuk bertarung. Ketika keduanya berhadapan, kucing memilih kabur melihat  ukuran badan anjing yang  lebih besar  apalagi mendengar gonggongannya. Anjing suka bersosialisasi dengan hewan lain dengan mengendus-endus, ketika anjing mengendus-endus, kucing akan menyerang,  karena kucing lebih suka hidup mandiri.

Apakah anjing dan kucing bisa hidup akur?

Para peneliti dari University of Lincoln mengadakan survey secara online terhadap 748 pemilik rumah di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Canada dan Eropa yang  memelihara anjing dan kucing dalam satu rumah. Hasilnya 80 % kedua binatang peliharaan dapat hidup dengan rukun, hanya 3 % mereka tidak akur karena hal-hal kecil seperti berebut makanan.                                                                            

Kucing dan anjing bisa hidup rukun,paling tidak usianya dibawah satu tahun sudah berada bersama-sama dan di rumah tersebut  memelihara berbagai jenis hewan  lainnya yang berbeda.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Anjing,  https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing

https://loop.co.id/articles/ini-alasan-sebenarnya-kenapa-anjing-dan-kucing-sering-berantem/full

https://bobo.grid.id/read/08905819/benarkah-kucing-dan-anjing-sering-berkelahi-seperti-kata-peribahasa?page=all