Self Healing (Penyembuh Luka Hati Tersembunyi)

source : foreverconscious.com

Hampir sebagian besar orang pernah mengalami kelelahan emosional, bisa karena kehilangan orang yang dicintai, trauma  masa lalu dan sebagainya.

Menghilangkan peristiwa buruk apalagi yang paling membekas dihati memang tidak mudah, mengingat kembali permasalahan yang belum usai dimasa lalu menjadikan kita menjadi tahu sudah sejauh mana kita berdamai dengan masa lalu.

Seberapa besar kekuatan kita untuk menekan dibawah alam bawah sadar, namun pengaruh dari peristiwa buruk itu dapat muncul sewaktu-waktu dalam kehidupan kita, bisa dalam bentuk marah yang tidak kunjung selesai, kecewa berlebihan, kesedihan yang mendalam dan sebagainya. Psikologi  mengenal hal tersebut dengan istilah unfinished business yang artinya emosi dan memori masa lalu yang masih kita simpan dalam alam bawah sadar.

Self Healing adalah sebuah proses sederhana membantu menyembuhkan luka batin dengan melibatkan kekuatan diri secara penuh untuk beranjak dan bangkit dari penderitaan.

Beberapa cara bisa membantu menyembuhkan diri sendiri dari dalam, salah satunya adalah dengan “Menulis”.

Dikutip dari Liputan 6, Bapak BJ. Habibie pernah mengalami “Psikomatik Malignant” setelah kepergian istri tercintanya.  “Waktu Ibu meninggal, hanya dalam waktu 7 atau 8 hari kemudian saya itu kejebak tengah malam jalan tanpa menggunakan sandal di dalam rumah seperti anak kecil nangis mencari ibunya. Dalam hal itu, tim dokter mengatakan, ‘Pak Habibie itu namanya mengalami Psikosomatik malignant. Atau kalau tidak hati-hati dalam kesedihan bisa mengikuti jejak istrinya ke liang kubur’,” Habibie menambahkan

Tim dokter kala itu mengajukan 4 opsi untuk pemulihannya : Masuk ke Rumah Sakit Jiwa, tinggal dirumah dengan pengawasan dokter, curhat dengan oreang terdekat dan menyelesaikannya sendiri.

Dan Bapak Habibie memilih opsi ke 4. Menurutnya sejatinya manusia terdiri dari 2 elemen : Perasaan dan Rasio. Jika kedua elemen itu digabungkan maka akan menghasikan hal baik baginya.

Mulailah Bapak Habibie menuangkan kisah cintanya dalam bentuk tulisan karena baginya “Menulis telah menjadi terapi untuk mengobati kerinduan”..

Menulis adalah salah satu cara untuk mengungkapkan emosi yang kita rasakan, selain itu dapat  menimbulkan rasa lega dihati sehingga memberikan kekuatan bagi diri kita.

Ingatlah “Hanya kita satu-satunya penyembuh bagi diri kita sendiri”

Baca juga : Musuh Bebuyutan

Sumber : https://pijarpsikologi.org/ https://www.liputan6.com

Ella Irawan