Berpuasa di tengah Pandemi Covid-19

 

source : mccormick.com

Menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19 bukanlah hal yang mudah bahkan menjadi sebuah tantangan baru bagi kita semua. Selain dituntut untuk memiliki imunitas yang baik, juga asupan nutrisi pun harus kita perhatikan, walaupun nutrisi yang diperlukan tidak jauh berbeda dengan ketika kita tidak sedang berpuasa.

Dikutip dari Fimela.com, menurut ahli gizi, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, saat kita sahur menu utamanya haruslah mencakup semua kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Konsumsilah menu seperti sayuran bening, tumis dengan sedikit minyak namun yang harus diperhatikan adalah jangan mengonsumsi makanan yang mengandung santan.

Alangkah lebih baik apabila di dalam sayuran tadi ditambahkan dengan rempah-rempah agar imunitas tubuh kita meningkat, seperti tambahkan daun kunyit pada sayuran bayam, atau tumis kol menggunakan bawang putih yang digeprek.

Saat berbuka puasa konsumsilah makanan yang manis-manis terlebih dahulu seperti kurma, semangka, atau melon untuk meningkatkan glukosa. Dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung gula secara alami seperti buah-buahan.

Beri jeda beberapa saat sebelum makan menu utama. Menu utama di saat berbuka bisa ayam tanpa kulit, ikan, tempe, tahu, sayur bening, dan daging yang tidak mengandung banyak lemak.

Protein yang diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah lemak yang rendah, sebaiknya tidak digoreng.

Apakah selama menjalani ibadah puasa, kita perlu mengonsumsi suplemen agar tubuh kita tetap terjaga?

Suplemen memang diperlukan, terlebih lagi untuk orang-orang yang membutuhkan nutrisi serta gizi yang lebih, seperti wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak yang masih dalam pertumbuhan.

Jika kita merasa sudah makan dengan nutrisi dan gizi yang baik maka tidak perlu lagi tambahan suplemen itu.

BACA JUGA : MAKANAN SEHAT ITU MURAH

Sumber: Fimela.com; https://www.alodokter.com;

Ella Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 3 =