Makanan Sehat itu Murah

source : hallosehat.com

Agar tubuh kita menjadi sehat, diperlukan berbagai macam nutrisi. Syarat dari makanan yang sehat adalah memiliki kandungan gizi yang baik dan seimbang. Keseimbangan dari makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, juga yang tidak kalah penting adalah vitamin.

Makanan sehat juga membawa dampak yang sangat baik bagi mood kita sehari-hari; namun sering orang berpikir bahwa makanan sehat adalah makanan yang harganya mahal.

Ternyata pendapat itu salah. Seperti dikutip dari covesia.com, Pakar Nutrisi Indonesia Dr.dr.Tan Shot Yen, M.hum mengungkapkan “Negeri ini kaya dan subur, mengapa harus makan seperti orang asing? Jika beras lagi mahal, kan banyak makanan penggantinya”.

Sebagai pengganti nasi, kita dapat mengonsumsi ubi, singkong, kentang, jagung, talas, ganyong, garut, kimpul, dan gembili untuk memenuhi asupan karbohidrat bagi tubuh, lanjut dr Tan. Lalap itu menjadi tidak sehat juga mahal jika ditambah dengan dressing yang sarat akan gula, tepung bahkan emulsifer yang tidak baik bagi tubuh.

Untuk buah-buahan, Indonesia sangat kaya akan berbagai jenis buah-buahan, bahkan banyak yang dapat ditanam sendiri di halaman rumah tanpa harus membeli, seperti pepaya, sawo, alpukat, dan masih banyak yang lainnya. Mengenai protein, seperti yang kita ketahui bahwa sekitar 62% luas wilayah Indonesia adalah laut dan perairan hingga tidaklah heran jika Indonesia mempunyai hasil laut yang sangat melimpah, mulai dari ikan, cumi, dan lain sebagainya. Untuk pengolahannya agar tetap menghasilkan makanan yang sehat adalah dengan mengurangi penggunaan minyak goreng. Jadi siapa bilang makanan sehat itu harus mahal?

BACA JUGA : JELLY DARI MANA ASALNYA?

Sumber: https://www.halodoc.com; https://hellosehat.com; https://www.covesia.com/
indonesiabaik.id

Ella Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 15 =