Sejarah Jam

 

Jam menjadi penunjuk  waktu yang sangat diperlukan, untuk mendapatkannya bisa dibeli dengan harga terjangkau. Namun bagi kolektor, mereka  mau membayar mahal jika jam tersebut bersejarah, bentuknya unik, rumit dalam pembuatannya, merknya terkenal, glamour dalam estetika dan disainnya.

Kata jam ( clok ) berasal dari bahasa latin yaitu “ clocca “  yang berarti lonceng, kata tersebut telah ada pada abad ke-14.  Seperti apa saja bentuk penunujuk waktu ?

Dari peninggalan sejarah ditemukan berbagai  bentuk petunjuk waktu diantaranya :

source : wikipedia

JAM MATAHARI                                                                                  

Jam Matahari atau sundial, adalah seperangkat alat penunjuk waktu berdasarkan pergerakan matahari di meridian. Jam matahari tertua berasal dari Yunani, karya Chaldean Berosis yang hidup sekitar 340 SM. Beberapa artefak ditemukan tahun 1746 di Castel Nuovo Tivoli, Italia.

source : pinterest

JAM PASIR

Ditemukan di Mesir, di makam Amenhoterp I yang hidup sekitar 1400 SM. Bentuknya bejana kecil, berisi pasir, memiliki lubang dibawahnya, berfungsi untuk meneteskan pasir.

Source : Mediastorehouse.com

JAM  AIR

Clepsydra, terdapat di Babilonia dan Mesir sekitar abad ke-16 SM, berbentuk mangkuk.  Waktu diukur oleh aliran cairan yang keluar dari dasar mangkuk, kemudian diukur.

Tahun 1136 – 1206  Al -Jaziri ,ilmuwan dari Diyarbakir (wilayah Turki  saat ini ) menciptakan jam air  canggih berbentuk gajah dan setiap jam menghasilkan suara.

source : pinterest

JAM TANGAN

Jam tangan atau watch,berasal dari kata Inggris kuno berarti “penjaga”, yang digunakan oleh penjaga kota untuk melacak shift di tempat kerja. Tahun 1509, Peter Henlein yang berasal dari Jerman,juru kunci yang bekerja di perusahaan barang antik, pertama kalinya membuat jam tangan. Peter Henlein membuat Taschenuhr yaitu  jam portable atau jam hias.

Pada perkembangannya tahun 1920-an, jam tangan mekanik digital pertama muncul.    Pada masa kini telah diproduksi berbagai jam untuk berbagai kegunaan misalnya untuk   menyelam, kacanya anti gores dan tahan terhadap tekanan air di kedalaman..

BACA JUGA : SEJARAH CERMIN

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Watch ,https://id.wikipedia.org/wiki/Jam_air

https://techno.okezone.com/read/2018/02/01/56/1853409/peter-henlein-penemu-jam-tangan-lawas-sejak-1510

https://www.citrust.id/sundial-jam-matahari-tertua-di-dunia.html  ,https://id.wikipedia.org/wiki/Ibnu_asy-Syathir

Yuli Hapsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + seventeen =